Peringatan Dini BMKG, 5 Wilayah Jatim ini Masuk Kategori Siaga Kekeringan

Rabu, 25 Agustus 2021 – 01:16 WIB
Peringatan Dini BMKG, 5 Wilayah Jatim ini Masuk Kategori Siaga Kekeringan - JPNN.com Jatim
Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mendistribusikan air bersih di Desa Silomukti, Mlandingan, Situbondo, Jawa Timur, Senin (12/8/2019). . ANTARA FOTO/Seno/foc. (ANTARA FOTO/SENO)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Beberapa daerah Jawa Timur termasuk dalam wilayah yang akan mengalami kekeringan cukup parah.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberikan peringatan dini kekeringan meteorologis dengan kategori Awas dan Siaga terjadi di beberapa kabupaten/kota di Provinsi Jawa Timur.

Pelaksana tugas Deputi Klimatologi BMKG Urip Haryoko mengatakan peringatan tersebut berasal dari hasil pengamatan mereka.

"Potensi kekeringan meteorologis tersebut berdasarkan monitoring Hari Tanpa Hujan (HTH) dengan kategori sangat panjang (31- 60 HTH) dan ekstrem panjang (lebih 60 HTH)," jelasnya di Surabaya, Selasa (24/8)

Beberapa wilayah Jatim yang masuk kategori tersebut antara lain adalah Kabupaten Bangkalan, Kabupaten Banyuwangi, Kabupaten Bondowoso, Kabupaten Pamekasan, dan Kabupaten Situbondo.

Selain Jatim, beberapa wilayah yang termasuk dalam status yang sama adalah Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

"Dari monitoring kejadian hari kering berturut-turut di atas, peluang untuk hujan rendah," papar Haryoko. (antara/mcr17/jpnn)

Beberapa daerah Jawa Timur termasuk dalam wilayah yang akan mengalami kekeringan cukup parah.
Sumber Antara