Masuk PPKM Level 2, Tempat Wisata di Banyuwangi Buka Kembali 10 September Nanti

Rabu, 08 September 2021 – 22:15 WIB
Masuk PPKM Level 2, Tempat Wisata di Banyuwangi Buka Kembali 10 September Nanti - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas rapat koordinasi penanganan COVID-19, Rabu (8/9/2021). (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Seiring turunnya status PPKM Banyuwangi, Jawa Timur dari level 3 ke 2, sejumlah tempat wisata setempat dijadwalkan akan kembali dibuka pada 10 September 2021.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani pun bersyukur. Kendati demikian, dia mewanti-wanti agar masyarakat dan pemkab tidak lantas lengah.

"Kalau nanti melonjak lagi, kami semua yang susah karena tempat wisata berpotensi ditutup lagi," kata dia.

Ipuk memaparkan ada sejumlah ketentuan yang mesti ditaati dalam operasional tempat wisata nantinya, di antaranya kapasitas pengunjung hanya 25 persen dan harus sudah tervaksinasi COVID-19.

Selain itu, setiap destinasi wisata harus menggunakan fitur di aplikasi PeduliLindungi untuk menunjukkan sertifikat vaksinasi bagi para pengunjung sebagai syarat masuk.

Menurut Ipuk, Banyuwangi pada masa pandemi ini mengandalkan pariwisata berkualitas, bukan pariwisata massal.

Komandan Kodim 0825/Banyuwangi Letkol Inf Yuli Eko Purwanto menerangkan bahwa pariwisata Banyuwangi bukan berarti dilonggarkan, meskipun dibuka lagi.

"Ingat bukan dilonggarkan, tetapi dikendalikan. Jangan sampai lupa diri sehingga membuat kasus COVID-19 naik lagi!," ujar dia.

Seiring turunnya status PPKM Banyuwangi, Jawa Timur dari level 3 ke 2, sejumlah tempat wisata setempat dijadwalkan akan kembali dibuka pada 10 September 2021.
Sumber Antara