Pembangunan Gardu Induk 150 kV Dukung Iklim Investasi di Jatim

Jumat, 03 September 2021 – 23:50 WIB
Pembangunan Gardu Induk 150 kV Dukung Iklim Investasi di Jatim - JPNN.com Jatim
Gardu Induk (GI) 150 kV KIS di Kawasan Industri Sidoarjo, tepatnya berada di Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo. (ANTARA/HO-PLN UID Jatim)

jatim.jpnn.com, SIDOARJO - PLN UID Jatim melalui Unit Pelaksana Proyek Jawa Bagian Timur dan Bali (UPP JBTB) 2 mendorong percepatan investasi kawasan industri di Sidoarjo dengan menuntaskan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV KIS di kawasan itu.

General Manager PLN UIP JBTB, Djarot Hutabri memaparkan keberadaan GI 150 kV tegangan tinggi yang berada di Desa Tambak Kalisogo, Kecamatan Jabon, Kabupaten Sidoarjo akan memperkuat suplai listrik di Kawasan Industri Sidoarjo (KIS).

Pembangunan GI dimulai sejak September 2020 dan rampung pada akhir Agustus 2021, kemudian saat ini memasuki tahap energize, dan segera dioperasikan.

Djarot menerangkan GI 150 kV memiliki trafo berkapasitas 60 MVA dan dipersiapkan menyuplai Konsumen Tegangan Tinggi (KTT).

"Keberadaan GI di KIS Jabon itu sengaja mendukung iklim investasi dan pengembangan industri di Jawa Timur. Hal ini ditandai dengan pembangunan pabrik di beberapa lokasi," kata dia, Jumat (3/9).

Selain siap menyuplai industri, GI 150 kV KIS juga siap untuk pelanggan tegangan menengah maupun rendah dengan tersedianya trafo untuk menurunkan tegangan listrik.

PLN UIP JBTB pun telah mengoperasikan GI 150 kilo kV New Porong di Desa Legok, Kecamatan Gempol, Kabupaten Pasuruan di lahan seluas 3,89 hektare.

"Dengan beroperasinya GI itu sekaligus menandai beroperasinya SUTT 150 kV Bangil-New Porong. Total investasi yang dikeluarkan PLN untuk pembangunan infrastruktur kelistrikan ini mencapai Rp 112 miliar," ujar dia.

Demi mendorong percepatan investasi kawasan industri di Sidoarjo, PLN menuntaskan pembangunan Gardu Induk (GI) 150 kV KIS di kawasan itu.
Sumber Antara