Ada Semburan Gas di Sumenep Imbas Pengeboran Sumur

Rabu, 01 September 2021 – 23:50 WIB
Ada Semburan Gas di Sumenep Imbas Pengeboran Sumur - JPNN.com Jatim
Petugas dari ESDM Jatim saat meninjau semburan gas akibat pengeboran sumur di Desa Mandala, Kecamatan Rubaru, Kabupaten Sumenep, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-Tim ESDM Jatim

jatim.jpnn.com, SUMENEP - Pemprov Jawa Timur meminta warga tidak panik dengan munculnya semburan gas di Sumenep akibat pengeboran sumur di Desa Mandala, Kecamatan Rubaru.

"Kami bergerak cepat dan bekerja sama dengan tim ahli dari perguruan tinggi serta Pemkab Sumenep untuk melakukan pengamanan di lokasi semburan," kata Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jawa Timur, Nur Kholis, Rabu (1/9).

Pemprov bersama tim segera melakukan penelitian berkelanjutan terkait dengan potensi gas rawa (shallow gas) yang terdapat di Sumenep sekaligus Pamekasan.

Kholis menerangkan jenis gas metana yang keluar merupakan gas berbahaya karena mudah terbakar dan eksplosif, dan tekanan tinggi.

"Namun, karena pada lokasi tersebut konsentrasinya kecil, maka akan terdegradasi/netral oleh udara bebas," tutur dia.

Meski demikian, lokasi semburan tetap harus dilokalisasi dari aktivitas warga sebagai langkah mitigasi.

Dia menyampaikan lubang pengeboran yang mengakibatkan semburan gas dan menimbulkan gelembung serta nyala api kecil itu segera dilakukan penutupan dengan semen.

Langkah penutupan dapat dilakukan setelah nyala api yang timbul akibat pengeboran telah padam.

Pemprov Jawa Timur meminta warga tidak panik dengan munculnya semburan gas di Sumenep akibat pengeboran sumur di Desa Mandala, Kecamatan Rubaru.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News