Peringatan dari BMKG, Pacitan Berpotensi Dilanda Gempa Dahsyat dan Tsunami Setinggi 28 Meter

Rabu, 21 Juli 2021 – 23:07 WIB
Peringatan dari BMKG, Pacitan Berpotensi Dilanda Gempa Dahsyat dan Tsunami Setinggi 28 Meter - JPNN.com Jatim
Kepala Badan Meteorologi, Klimatoogi dan Geofisika (BMKG) Dwikorita Karnawati (bawah) saat Menteri Sosial Tri Rismaharini memberikan arahan atas kesiapsiagaan bencana secara daring di Jakarta, Rabu (21/7/2021). (ANTARA/HO-Kemensos RI)

jatim.jpnn.com, PACITAN - BMKG memperingatkan jajaran Kementerian Sosial soal ancaman gempa hingga tsunami setinggi 28 meter yang bakal terjadi di daerah Pacitan, Jawa Timur.

Kepala BMKG Dwikorita Karnawati mengatakan potensi gempa dan tsunai tersebut didukung status Kabupaten Pacitan yang masuk zona merah.

Baca Juga: Waduh, Hewan Kurban di Kediri Banyak yang Mengidap Cacing Hati

Dwi menjelaskan Pacian dekat dengan teluk yang mengumpulkan tenaga gelombang tinggi dan relatif dekat dengan letak episentrum gempa.

“Misalnya peta daerah Pacitan, Jawa Timur, warna merah menunjukkan gelombang tinggi 10-14 meter, semakin merah semakin tinggi pula gelombang, warna kuning gelombang 2-3 meter, serta warna hijau gelombang setengah meter,” ujar Dwikorita, Rabu (21/7).

Baca Juga: Dua Orang Asal Sampang Ini Bayar Denda Rp 1 Juta Gegara Gelar Orkes Dangdut, Lha?

Dwi mengatakan bahwa ada 10 kajian ilmiah terkait prediksi bencana yang dijabarkan dalam sebuah peta untuk memudahkan memahami dengan tiga warna yakni merah, kuning dan hijau.

Pada kasus Kabupaten Pacitan, akses zona merah menuju zona hijau kemungkinan tercepat melalui sungai yang mengalir.

BMKG memperingatkan jajaran Kementerian Sosial soal ancaman gempa hingga tsunami setinggi 28 meter yang bakal terjadi di daerah Pacitan, Jawa Timur.