Ibu Hamil di Surabaya, Besok Sudah Bisa Vaksin, Catat Lokasi dan Syaratnya

Rabu, 18 Agustus 2021 – 20:45 WIB
Ibu Hamil di Surabaya, Besok Sudah Bisa Vaksin, Catat Lokasi dan Syaratnya  - JPNN.com Jatim
Vaksinasi massal dosis pertama yang menyasar kepada ibu hamil digealr di Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus C Universitas Airlangga Surabaya pada Kamis (19/8/2021). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ibu Hamil (bumil) di Surabaya akan memperoleh vaksinasi massal dosis pertama, Kamis (19/8) besok.

Pemerintah Kota Surabaya mengadakan program khusus untuk memfasilitasi para ibu hamil agar mendapatkan vaksin.

Program yang akan digelar di Airlangga Convention Centre (ACC) Kampus C Universitas Airlangga Surabaya tersebut sebagai puaya untuk mencapai Herd Immunity seluruh warga kota dan utamanya untuk menurunkan angka kematian ibu (AKI).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Surabaya Febria Rachmanita memaparkan vaksinasi ini penting dilakukan, terutama untuk meningkatkan imunitas bagi bumil.

"Apalagi ibu hamil ini merupakan golongan masyarakat yang rentan. Prioritas kami pada ibu hamil yang risiko tinggi yakni usia 35-40 tahun," jelasnya

Febria menambahkan kalau Dinkes sudah menyiapkan seribu dosis Sinovac. Gelaran vaksinasi ini akan dimulai pagi hari pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Febria merinci beberapa kriteria bumil yang boleh ikut vaksinasi besok yakni kondisinya harus sehat, tidak ada komorbid, bukan penyintas Covid-19 kurang dari 3 bulan, lolos skrining dan usia kehamilan 13 minggu hingga 33 minggu.

"Untuk mekanismenya kami lakukan secara undangan melalui puskesmas di masing-masing wilayah,"jelas Febria

Dari seribu yang akan divaksin, lanjut Febria, 600 di antaranya merupakan bumil yang sudah dikantongi datanya oleh puskesmas di 31 kecamatan. Data ini utamanya adalah bumil yang mendapat pendampingan Seribu Hari Pertama Kehidupan (HPK).

Ibu Hamil (bumil) di Surabaya akan memperoleh vaksinasi massal dosis pertama, Kamis (19/8) besok.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News