Agar Keluarga Harmonis di Masa Pandemi, Simak Kata Akademisi Unair

Sabtu, 14 Agustus 2021 – 11:27 WIB
Agar Keluarga Harmonis di Masa Pandemi, Simak Kata Akademisi Unair - JPNN.com Jatim
Fakultas Kedokteran (FK) Unair mulai menggelar kuliah tatap muka khusus matkul praktikum pada hari ini (19/5). Foto: dok. UNAIR

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sudah berbulan-bulan masyarakat Indonesia banyak beraktivitas di rumah. Bagi beberapa orang aktivitas tersebut dimanfaakan untuk mempererat hubungan anggota keluarga yang selama ini mungkin jarang dilakukan karena sibuk bekerja dan bersekolah.

Namun dalam upaya menciptakan hubungan keluarga yang harmonis atau menjaga ketahahan keluarga supaya lebih kuat tentunya butuh pendekatan yang tidak sembarangan. Akademisi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya Valina Khiarin Nisa, S.Psi., M.Sc. membeberkan beberapa tips menjaga ketahanan keluarga.

1. Beri apresiasi dan afeksi

Vanila menjelaskan bahwa apresiasi atau afeksi sangat penting. Adakalanya kata-kata sepele seperti maaf, tolong, terima kasih sulit diucapkan anggota keluarga, padahal itu penting.

"Kalimat bernada apresiasi atau afeksi ini akan mengubah tantangan menjadi peluang untuk tumbuh bersama," jelas dosen Psikologi Unair tersebut.

Valina menjelaskan kalau para orang tua juga harus paham kalau terdapat bahasa-bahasa cinta.

Bahasa cinta yang dimaksud seperti sentuhan fisik, kata-kata positif, waktu yang berkualitas, bantuan yang tulus, serta memberi hadiah.

2. Komunikasi positif

Ketahanan keluarga sangat penting di era pandemi seperti sekarang, berikut tipsnya dari ahli
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News