Tri Rismaharini: Jangan Remehkan Prediksi BMKG

Rabu, 21 Juli 2021 – 15:09 WIB
Tri Rismaharini: Jangan Remehkan Prediksi BMKG - JPNN.com Jatim
Tangkapan layar Menteri Sosial Tri Rismaharini saat memberikan arahan terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana yang digelar oleh Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial secara daring di Jakarta, Rabu (21/7/2021). (ANTARA/Devi Nindy)

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta jajarannya tidak menyepelekan peringatan bencana yang dikeluarkan oleh Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

"Saat kejadian gempa di Palu, BMKG sudah mengingatkan, karena tidak ada respons korbannya banyak," kata Tri Rismaharini saat memberikan arahan terkait kesiapsiagaan menghadapi bencana yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perlindungan dan Jaminan Sosial, Rabu (21/7).

Oleh sebab itu, Tri Rismaharini menyiapkan empat langkah antisipatif guna menghadapi bahaya bencana.

Pertama, mempelajari kearifan lokal masyarakat supaya lebih memahami dan menyiapkan langkah menghadapi dampak bencana.

Kedua, menggandeng pihak-pihak terkait komunikasi publik setempat ketika terputusnya akses komunikasi, seperti kejadian bencana Siklon di Nusa Tenggara Timur.

Risma mengatakan saat pihaknya berkonsentrasi memberikan bantuan di NTT, dia terlambat mengetahui, ternyata ada wilayah lain yang dampaknya lebih berat akibat terputusnya komunikasi.

Seketika itu, dia mengarahkan bantuan tersebut kepada orang yang dapat dihubungi untuk menyalurkan bantuan.

"Itu karena komunikasi kita terputus, padahal saya sudah mengirim barang dari Surabaya," kata Risma.

Menteri Sosial Tri Rismaharini meminta jajarannya tidak menyepelekan peringatan bencana yang dikeluarkan oleh BMKG.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News