Puluhan Sukarelawan Covid-19 di RSUD Tulungagung Mulai Bertugas

Rabu, 11 Agustus 2021 – 08:35 WIB
Puluhan Sukarelawan Covid-19 di RSUD Tulungagung Mulai Bertugas   - JPNN.com Jatim
Proses pembekalan materi dan orientasi kerja kepada relawan COVID-19 di RSUD dr, Iskak Tulungagung, Sabtu (7/8). Foto: Antara-HO/Foto Humas RSUd dr. Iskak Tulungagung

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Puluhan relawan untuk penanganan Covid-19 di RSUD dr. Iskak Tulungagung mulai bertugas. Para relawan yang berasal dari beragam latar belakang ini akan menjelankan tugas mereka hingga akhir Desember 2021

Sebelumnya, para relawan juga sudah dibekali dengan berbagai materi dan prosedur penanganan Covid-19.

"Mereka sudah mendapat pembekalan dan orientasi tugas sesuai tupoksi dan keahlian yang dimiliki," jelas Kasi Informasi dan Pemasaran RSUD dr. Iskak Tulungagung Muchammad Rifai di Tulungagung, Selasa (10/8).

Terdapat dua poin penting yang ditekankan dalam pembekalan atau orientasi, yakni kebijakan pelayanan di RSUD dr. Iskak Tulungagung dan program pencegahan dan pengendalian infeksi (PPI).

Untuk yang terakhir, para peserta dibekali prinsip-prinsip dasar healthcare associated infections (HAIs) atau infeksi pada pasien di rumah sakit.

Selain materi, para relawan juga dibekali dengan latihan atau praktik seperti tata cara penggunaan alat pelindung diri (APD), bagaimana penatalaksanaan ruang isolasi menular airbone (menular lewat sebaran udara) dan imunokompromise (ketidakmampuan untuk menghasilkan respon imun normal).

"Dengan orientasi ini para relawan diharapkan mampu melaksanakan pencegahan dan pengendalian infeksi pada pasien, serta bagaimana penatalaksanaan isolasi di rumah sakit," ujar Rifai.

Puluhan relawan ini yang terdiri dari dokter, perawat, asisten perawat (asper), dan juga tenaga non-medis ini akan bertugas  sampai akhir Desember 2021 dan akan diperbarui jika kondisi masih membutuhkan. 

Puluhan relawan untuk penanganan Covid-19 di RSUD dr. Iskak Tulungagung mulai bertugas

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News