Pemkab Banyuwangi Mulai Bentuk Sukarelawan di Tingkat Desa

Minggu, 08 Agustus 2021 – 12:30 WIB
Pemkab Banyuwangi Mulai Bentuk Sukarelawan di Tingkat Desa - JPNN.com Jatim
Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani Azwar Anas. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur menyiapkan sukarelawan medis dan nonmedis di tingkat desa guna menangani penyebaran COVID-19 secara efektif.

"Desa mempunyai peran yang sangat sentral. Mari kita siapkan sukarelawan yang mengawal pengendalian COVID-19," kata Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani, Sabtu (7/8).

Dia memaparkan sukarelawan tingkat desa dapat berperan pada banyak hal, di antaranya, edukasi protokol kesehatan (prokes), membantu vaksinasi, menggencarkan tracing, pemulasaran jenazah, dan sebagainya.

Dia pun melibatkan para sarjana Banyuwangi di berbagai jurusan, baik komunikasi, pendidikan, pertanian, dan lainnya yang baru lulus.

Perawat atau bidan yang belum bekerja atau melakukan praktik mandiri pun bisa diajak bergotong royong.

"Ayo bangkitkan semangat warga! Situasi saat ini sulit, tetapi kalau semua semangat bergotong royong, insyaallah kita bisa melewatinya dengan baik," ujar dia.

Ipuk pun berharap kehadiran sukarelawan di tingkat desa dapat mendukung pelaksanaan vaksinasi COVID-19. Hal itu sangat penting karena berkaitan dengan realisasi kekebalan kelompok (herd immunity).

"Banyuwangi saat ini adalah kabupaten dengan persentase vaksinasi tertinggi kedua se-Jawa Timur. Meski begitu, kami terus melakukan penyuntikan vaksin kepada warga dengan menyesuaikan stok," tutur dia. (antara/mcr13/jpnn)

Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur menyiapkan sukarelawan medis dan nonmedis di tingkat desa guna menangani penyebaran COVID-19 secara efektif.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News