Lereng Gunung Banyuwangi Menarik Pengembang Sapi Perah Australia

Minggu, 08 Agustus 2021 – 16:37 WIB
Lereng Gunung Banyuwangi Menarik Pengembang Sapi Perah Australia - JPNN.com Jatim
Bupati Ipuk Fiestiandani Azwar Anas bersama pengembang sapi perah asal Australia di Pendopo Kabupaten Banyuwangi. (ANTARA/HO-Humas Pemkab Banyuwangi)

jatim.jpnn.com, BANYUWANGI - Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, bakal menjalin kerja sama dengan peternak asal Australia guna membuka sentra sapi perah di kawasan lereng gunung daerah itu.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani menyambut baik rencana pembangunan sentra sapi perah karena dapat menjadi salah satu pengungkit ekonomi bagi masyarakatnya.

"Kami mendorong serapan tenaga kerja lokal semaksimal mungkin untuk bisa terlibat dalam pengembangan sapi perah itu," kata Ipuk, Minggu (8/8).

Menurut dia, kehadiran sentra sapi perah makin memperkuat sektor peternakan Banyuwangi yang selama ini sudah dikenal dengan produktivitas serta keterlibatan rakyatnya.

Ipuk pun meminta kepada pengelola agar membangun pula agrowisata yang berbasis kearifan lokal di lokasi, sehingga kelak memiliki kekhasan tersendiri bila dibandingkan dengan kawasan lainnya.

"Supaya ke depan kawasan agrowisata tersebut bisa menjadi ikon Banyuwangi," tutur bupati.

Pengembang sapi perah dari Australia, Brandon Collins tertarik dan berencana membuka sentra sapi perah di Banyuwangi karena pasokan pangan ternak di daerah itu sangat cocok.

"Banyuwangi memiliki kawasan lereng gunung yang cocok untuk dijadikan lokasi peternakan sapi perah. Pasokan pangan cukup, tinggal menyesuaikan saja teknik perawatan dengan kondisi setempat," ujar dia.

Pemkab Banyuwangi, Jawa Timur, bakal menjalin kerja sama dengan peternak asal Australia guna membuka sentra sapi perah di kawasan lereng gunung daerah itu.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News