Malang Jadi Daerah Pertama Vaksinasi Tahap Ketiga Nakes di Jatim

Selasa, 03 Agustus 2021 – 12:44 WIB
Malang Jadi Daerah Pertama Vaksinasi Tahap Ketiga Nakes di Jatim - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan peninjauan pelaksanaan vaksinasi di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), Jawa Timur, Senin (2/8/2021). (ANTARA/HO-Humas UMM)

jatim.jpnn.com, MALANG - Puluhan tenaga kesehatan (nakes) di Kota Malang, Jawa Timur mulai menerima suntikan vaksin dosis ketiga untuk memperkuat antibodi mereka saat bertugas dalam penanganan pasien COVID-19.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memaparkan vaksin yang digunakan untuk para nakes itu jenis Moderna asal Amerika Serikat.

"Vaksin tersebut baru datang, kemudian kami berkoordinasi dengan UMM (Universitas Muhammadiyah Malang) dan bersedia untuk memulai vaksinasi," kata dia, Senin (2/8).

Khofifah menerangkan sebelum mendapatkan vaksin dosis ketiga atau booster itu, para nakes harus menandatangani pakta integritas bahwa sebelumnya sudah menjalani vaksinasi hingga tahap kedua.

Dia menyampaikan Pemprov Jawa Timur saat ini telah memasokkan vaksin dosis ketiga untuk nakes dan disimpan pada suhu minus 30 derajat celsius di cold storage milik Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Malang.

"Kota Malang daerah pertama yang menggunakan vaksin Moderna untuk vaksinasi tahap ketiga bagi SDM kesehatan," ujar mantan Mensos RI tersebut.

Tercatat, saat itu 15 nakes dari Rumah Sakit UMM dan 25 tenaga kesehatan RS Universitas Islam Malang (Unisma) mendapatkan suntikan booster.

Rektor UMM Fauzan menyatakan pihaknya turut serta mendorong upaya pemerintah untuk akselerasi pelaksanaan vaksinasi agar tercipta kekebalan kelompok dari virus corona.

Puluhan nakes di Kota Malang menerima suntikan vaksin dosis ketiga untuk memperkuat antibodi mereka saat bertugas
Sumber Antara