La Nyalla Punya Ide Cemerlang Bantu UMKM Selama Pandemi Covid-19

Sabtu, 24 Juli 2021 – 04:00 WIB
La Nyalla Punya Ide Cemerlang Bantu UMKM Selama Pandemi Covid-19 - JPNN.com Jatim
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. ANTARA/HO-DPD

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mattalitti punya gagasan untuk membantu UMKM menghadapi pandemi Covid-19.

"Pandemi Covid-19 sangat dirasakan dampaknya oleh pelaku UMKM, sehingga mereka perlu mendapatkan bantuan," kata La Nyalla saat menjadi pembicara dalam webinar yang digelar Himpunan Pengusaha Mikro, Kecil dan Menengah Indonesia (Hipmikimdo), Jumat (23/7).

Senator asal Jawa Timur itu mengatakan pandemi Covid-19 punya dampak besar terhadap perekonomian nasional.

"Indonesia seperti juga negara lain mengalami resesi. Pertumbuhan ekonomi tahun 2020 terkontraksi minus 2,07 persen," ucapnya.

Menurut La Nyalla, sejumlah investasi di Indonesia belum mampu mendorong perekonomian nasional, bahkan sebagian mangkrak karena justru terdampak Covid-19.

"saya merasakan betul bahwa menjadi pengusaha kecil dan menengah saat ini tidaklah mudah karena mayoritas mengandalkan transaksi langsung dalam pasar," katanya.

Namun, La Nyallah tetap menilai perlambatan ekonomi selama pandemi Covid-19 belum mampu mengalahkan krisis moneter pada tahun 1998.

"Pasar tetap buka seperti biasa dan transaksi langsung tidak dibatasi. Pelaku UMKM masih bisa bertemu dengan pembeli. Itulah mengapa UMKM saat itu tetap bertahan," ujarnya. (mcr6/antara/jpnn)

Ketua DPD RI AA La Nyalla Mattalitti punya gagasan untuk membantu UMKM menghadapi pandemi Covid-19.

Redaktur & Reporter : Angga Setiawan

Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News