Viral Rumor Tabung Oksigen Palsu, Polda Jatim Bilang Itu Asli

Jumat, 23 Juli 2021 – 13:53 WIB
Viral Rumor Tabung Oksigen Palsu, Polda Jatim Bilang Itu Asli - JPNN.com Jatim
Tabung oksigen yang diduga palsu. (ANTARA Jatim/HO-Polda Jatim/WI)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Kabid Humas Polda Jawa Timur Kombes Gatot Repli Handoko mengonfirmasi kabar tabung oksigen palsu di Tulungagung yang sempat viral beberapa waktu lalu, tidak benar.

"Kami menegaskan bahwa yang viral di Tulungagung itu oksigen asli, hanya kadarnya kurang," kata Gatot, Jumat (23/7).

Satgas Gakkum Aman Nusa II Polda Jatim dan Polres Tulungagung telah menguji isi tabung oksigen yang semula diduga palsu.

Walhasil, tabung tersebut benar-benar berisi oksigen asli, tetapi kadarnya hanya 22,68 persen. Jauh dari standar medis 99,5 persen.

Dirreskrimsus Polda Jatim Kombes Farman menyampaikan oksigen peternak Tulungagung yang menyebabkan ikan koinya mati itu semula berasal dari BPBD Pacitan pada 17 Juli 2021.

BPBD Pacitan pada hari itu mengisikan oksigen ke dalam 32 tabung ukuran 1 meter kubik dan enam tabung ukuran 6 meter kubik.

"Setelah itu, BPBD tidak melakukan pengisian lagi karena kompresornya rusak," ujar Farman.

Satu tabung berukuran 6 meter kubik lantas dibawa pembudidaya bibit gurami asal Tulungagung berinisial MR. Dari dia, peternak ikan koi meminta oksigen yang kemudian diisikan ke tabung 1 meter kubik.

Polda Jatim mengonfirmasi kabar tabung oksigen palsu di Tulungagung yang sempat viral beberapa waktu lalu, tidak benar.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News