Cegah Kerumunan, Pemotongan Hewan Kurban Dianjurkan Terpusat di RPH

Senin, 19 Juli 2021 – 18:41 WIB
Cegah Kerumunan, Pemotongan Hewan Kurban Dianjurkan Terpusat di RPH - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Sejumlah hewan kurban Iduladha 1442 H sudah dititipkan masyarakat untuk disembelih di RPH Pegirian Surabaya, Kamis (15/7). (ANTARA Jatim/Hanif Nashrullah)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Pemkab Pamekasan, Jawa Timur meminta pemotongan hewan kurban tahun ini dilakukan sepenuhnya di rumah pemotongan hewan (RPH) guna mencegah terjadinya kerumunan yang berpotensi penyebaran COVID-19.

"Kami menyampaikan anjuran itu sesuai edaran serta ketentuan yang disampaikan pemerintah pusat," kata Kabid Kesehatan Hewan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Pamekasan, Slamet Budi Harsono, Senin (19/7).

Slamet pun mengatakan anjuran tersebut disampaikan agar pelaksanaan pemotongan hewan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Jika penyembelihan di RPH, maka petugas akan terlebih dahulu melakukan deteksi dini tentang kondisi hewan kurban seperti kesehatan dan penyakitnya," ujar dia.

Dia memaparkan di Pamekasan, saat ini memiliki sebanyak tujuh RPH. Namun belum semuanya dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat.

Pemkab Pamekasan juga mewanti-wanti agar pola pendistribusian daging kurban oleh panitia pelaksanaan dengan cara diantar langsung ke rumah masing-masing calon penerima manfaat.

"Kami berharap anjuran pemerintah ini benar-benar diperhatikan karena itu menyangkut kebaikan bersama, yakni menekan laju penyebaran COVID-19 di Pamekasan," ucap Slamet. (antara/mc13/jpnn)

 
Pelaksanaan penyembelihan hewan kurban pada Iduladha kali ini dianjurkan dilakukan sepenuhnya di rumah pemotongan hewan (RPH)

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News