DPRD Surabaya Usulkan Layanan Vaksinasi Covid-19 di Rumah untuk Disabilitas dan Orang Gangguan Jiwa

Jumat, 09 Juli 2021 – 03:24 WIB
DPRD Surabaya Usulkan Layanan Vaksinasi Covid-19 di Rumah untuk Disabilitas dan Orang Gangguan Jiwa - JPNN.com Jatim
Dokumentasi - Petugas puskesmas saat melakukan vaksinasi COVID-19 terhadap penyandang Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) dan disabilitas di Kota Surabaya. (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya) (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - DPRD Surabaya mengusulkan layanan vaksinasi Covid-19 di rumah bagi para penyandang disabilitas dan orang gangguan jiwa.

"Vaksinasi tahap III untuk disabilitas dan ODGJ sudah berlangsung sejak awal Juni 2021, tetapi sampai saat ini mereka masih belum diprioritaskan," kata anggota Komisi D Bidang Kesra DPRD Surabaya Tjutjuk Supariono, Kamis (8/7).

Tjutjuk mengatakan layanan vaksinasi Covid-19 bagi disabilitas selama ini dilakukan di puskesmas terdekat. Adapun orang gangguan jiwa bakal didatangi tenaga kesehatan di lingkungan pondok sosial.

Dia menilai bahwa hal ini kurang efektif apabila penyandang disabilitas diharuskan untuk mendatangi puskesmas terdekat untuk melakukan vaksinasi Covid-19.

“Masalahnya di aksesibilitas. Banyak dari teman-teman disabilitas, baik fisik maupun mental, yang kesulitan menjangkau lokasi vaksin, meskipun itu puskesmas terdekat,” ujar Tjutjuk.

Ada juga masalah lokasi vaksinasi yang infrastrukturnya tidak ramah bagi disabilitas, sehingga kemudian ini akan menimbulkan masalah yang lain jika mereka masih dipaksakan datang ke lokasi.

Terkait dengan pendataan, lanjut dia, Dinas Kesehatan Surabaya memiliki data terkait penyandang disabilitas di Surabaya.

Penggunaan aplikasi daring seperti google form juga bisa digunakan untuk mendaftarkan diri dalam layanan vaksinasi Covid-19 di rumah, sehingga pelacakan untuk data disabilitas lebih mudah didapatkan.

DPRD Surabaya mengusulkan layanan vaksinasi Covid-19 di rumah bagi para penyandang disabilitas dan orang gangguan jiwa.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News