Larangan Mudik Justru Efektif Turunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Tulungagung

Sabtu, 12 Juni 2021 – 12:55 WIB
Larangan Mudik Justru Efektif Turunkan Angka Kecelakaan Lalu Lintas di Tulungagung - JPNN.com Jatim
Ilustrasi kecelakaan lalu lintas (ANTARA/HO)

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Polres Tulungagung mengatakan kebijakan larangan mudik di wilayahnya efektif menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.

Kanit Laka Lantas Polres Tulungagung Iptu Diyon Fitriyanto Kebijakan penyekatan di sejumlah perbatasan mengurangi volume kendaraan saat masa arus mudik dan arus balik Lebaran lalu. 

"Ini menyumbang penurunan kasus laka lantas," kata Iptu Diyon Fitriyanto di Tulungagung, Jawa Timur,  Jumat (11/6).

Diyon mengatakan sebanyak 381 angka kecelakaan lalu lintas yang ditangani Satlantas Polres Tulungagung sejak Januari-Mei 2021, sedangkan tahun lalu angka kecelakaan justru mencapai 408 kasus dengan periode sama.

Selain penyekatan dan larangan mudik, tren penurunan angka kejadian kecelakaan, juga diapresiasi sebagai indikasi meningkatnya kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas.

“Oleh sebab itu, sosialisasi tentang ketertiban berlalu lintas kian gencar dilakukan. Penegakan hukum juga tetap jalan," kata Iptu Diyon.

Diyon menjelaskan rata-rata kasus kecelakaan didominasi oleh faktor kesalahan manusia (human error) sebanyak 80 persen. Adapun 20 persen sisanya disebabkan oleh sarana dan prasarana yang kurang memadai.

Salah satunya di titik yang sering terjadi kecelakaan ilaha tikungan di sepanjang Jalan Pahlawan hingga Jalan Jayeng Kusumo, Kota Tulungagung.

Polres Tulungagung menyebut larangan mudik Lebaran di wilayahnya justru efektif menurunkan angka kecelakaan lalu lintas.