Bakteri Antraks Bisa Kenai Otak Manusia?

Rabu, 09 Juni 2021 – 09:37 WIB
Bakteri Antraks Bisa Kenai Otak Manusia? - JPNN.com Jatim
Petugas menunjukkan foto infeksi kulit pada lengan warga yang diduga terkena antraks di Desa Sidomulyo, Kecamatan Pagerwojo, Tulungagung, Senin (7/6/2021). Foto: ANTARA/Destyan Sujarwoko

jatim.jpnn.com, TULUNGAGUNG - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung, Jawa Timur dr Kasil Rokhmad menerangkan potensi bahaya manusia tertular antraks.

"Antraks adalah penyakit yang dibawa oleh hewan. Tetapi bakteri itu bisa mengenai berbagai organ tubuh manusia, dari kulit bahkan otak," kata Kasil, Selasa (8/6).

Jika penyakit yang disebabkan bakteri "Bacillus Anthracis" tersebut bersarang di selaput otak, penderita bisa sampai gangguan kesadaran, kejang, dan selanjutnya meninggal.

Kasil pun menyinggung untuk temuan kasus infeksi kulit pada enam warga Desa Sidomulyo, Pagerwojo yang penampakannya persis gejala antraks.

Dinkes hingga saat ini belum bisa memastikan.

Pemeriksaan lab masih dilakukan dengan pemeriksaan sampel darah dan kulit yang mengalami luka kering warga terduga terpapar antraks itu.

Dia memperkirakan hasilnya baru keluar pada Kamis (10/6). (antara/mcr13/jpnn)

 
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tulungagung dr Kasil Rokhmad menjelaskan kemungkinan bakteri antraks mengenai bagian otak manusia.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News