Petugas Baru Tiba, Kebakaran Sudah Padam, PMK Surabaya: Alhamdulillah

Senin, 07 Juni 2021 – 09:39 WIB
Petugas Baru Tiba, Kebakaran Sudah Padam, PMK Surabaya: Alhamdulillah - JPNN.com Jatim
Petugas Dinas PMK Surabaya menggelar simulasi dan mitigasi pencegahan pengendalian kebakaran di Taman Surya Balai Kota Surabaya, Sabtu (5/6). Foto: ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pemahaman warga Surabaya, Jawa Timur, khususnya di kawasan perkampungan terkait dengan pengendalian kebakaran mulai meningkat.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran (PMK) Surabaya Dedik Irianto mengatakan hal itu dapat dilihat pada saat kejadian kebakaran.

Seringkali petugas PMK tiba di lokasi, tinggal pembasahan bara-baranya dan memastikan suhu thermal apakah berpotensi terjadinya perambatan atau tidak.

"Karena api sudah dipadamkan lebih dahulu oleh warga," kata dia, Minggu (6/6).

Dia mengungkapkan selama ini PMK rutin melakukan sosialisasi terkait pengendalian kebakaran di perkampungan padat penduduk, khususnya memasuki musim kemarau.

Melalui sosialisasi tersebut diharapkan warga tidak panik dan mengerti apa yang harus dilakukan saat terjadi kebakaran di lingkungannya.

"Alhamdulillah, terlihat warga bisa menangani kebakaran dengan baik. Artinya, masyarakat menjadi juru padam yang sebenarnya," tutur Dedik.

Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi sebelumnya mengemukakan ketika terjadi kebakaran, maka pelaku penanganan pertama itu adalah warga setempat.

PMK Surabaya mengapresiasi kesigapan masyarakat Surabaya, khususnya di wilayah perkampungan padat penduduk, setiap terjadi kebakaran.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News