Pembatalan Haji 2021, Kemenag Gresik: Ada Baiknya Calon Jemaah Bertawakal

Sabtu, 05 Juni 2021 – 19:40 WIB
Pembatalan Haji 2021, Kemenag Gresik: Ada Baiknya Calon Jemaah Bertawakal - JPNN.com Jatim
Ilustrasi Jemaah menunaikan salat Tarawih di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, di tengah merebaknya wabah COVID-19, Jumat (24/4/2020). Foto: ANTARA/REUTERS/Yasser Bakhsh

jatim.jpnn.com, GRESIK - Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Markus meminta calon haji yang batal berangkat tahun ini untuk bertawakal mengikuti aturan pemerintah.

"Haji itu adalah panggilan ibadah, jadi ada baiknya bertawakal, hal ini khusus saya sampaikan kepada calon haji Gresik," kata Markus di Gresik, jawa timur, Sabtu (5/6).

Markus tak memungkiri bahwa sebagian jemaah haji merasa kecewa karena sempat menduga bahwa haji tahun ini telah dibuka dengan adanya pelaksanaan vaksinasi Covid-19.

Namun, Markus menyebut hal itu sebagai upaya ikhtiar, namun tetap harus mengacu pada regulasi yang ditetapkan pemerintah pusat.

"Kami menginventarisasi calon haji manula. Dan total ada seribu calon haji manula dari sekitar 2.300 orang calon haji kuota Gresik," kata Markus, kepada wartawan.

Plt Kakanwil Kemenag Jawa Timur, M Nurul Huda menyebut, bahwa pihaknya menyambut apapun keputusan pemerintah.

Menurutnya, keputusan pemerintah telah mempertimbangkan sejumlah faktor, khususnya keselamatan calon jemaah haji.

"Menjaga kesehatan menjaga diri adalah yang terpenting, maka kami Kanwil Kemenag Jawa Timur menerima dan mengamankan setiap apa yang sudah diputuskan pemerintah," tuturnya. (mcr6/antara/jpnn)

Kepala Kemenag Kabupaten Gresik, Markus meminta calon haji yang batal berangkat tahun ini untuk bertawakal mengikuti aturan pemerintah.