Jasa Marga Datangkan Ahli ITS untuk Benahi Longsor di Tol Surabaya-Gempol

Kamis, 28 Januari 2021 – 10:33 WIB
Jasa Marga Datangkan Ahli ITS untuk Benahi Longsor di Tol Surabaya-Gempol - JPNN.com Jatim
Kondisi jalan tol Surabaya - Gempol kilometer 02 - 600, Rabu (27/1). (ANTARA Jatim/Didik Suhartono) (ANTARA Jatim/Didik Suhartono)

jatim.jpnn.com, JAWA TIMUR - Jasa Marga bakal mendatangkan tim ahli dari Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) untuk menangani badan jalan yang longsor di ruas tol Surabaya-Gempol, Jawa Timur (Jatim).

General Manager Representative Office 3 Jasa Marga Trans-Jawa, Hendri Taufik, menjelaskan jalan tol yang ambles akibat longsor terjadi di kilometer 06 - 200 dari arah Tanjung Perak Surabaya menuju Waru, Sidoarjo.

Akibat amblesnya jalan, Jasa Marga kemudian menerapkan rekayasa lalu lintas dengan menutup lajur satu dan dua dari arah menuju Gempol.

"Awal diketahui terjadi longsor pada 25 Januari lalu, yaitu sedalam 10 sentimeter. Sejak itu kami melakukan penanganan awal," katanya kepada wartawan di Surabaya, Rabu.

Pantauan di lokasi pada hari ini, kerusakan memakan hampir separuh jalan di sepanjang ruas jalan tol tersebut.

Jalan tol yang longsor itu terdiri dari tiga lajur. Petugas terpaksa menutup dua lajur dan hanya membuka satu lajur.

Akibatnya, terjadi kemacetan panjang dari arah Tanjung Perak Surabaya hingga Waru, Sidoarjo, sepanjang 10 kilometer lebih.

Hendri menduga amblesnya badan jalan tol itu akibat curah hujan tinggi yang menyebabkan penurunan tanah.

"Kami langsung berkoordinasi dengan tim ahli geoteknik dari ITS untuk mendapatkan rekomendasi yang lebih tepat terkait dengan struktur tanah di lokasi tersebut," ujarnya.

Jasa Marga bakal mendatangkan tim ahli dari kampus ITS guna menangani badan jalan yang longsor di ruas tol Surabaya-Gempol, Jatim.
Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News