La Nyalla: Emak-emak Jangan Percaya Ada Arisan Untungnya Gede

Senin, 24 Mei 2021 – 09:30 WIB
La Nyalla: Emak-emak Jangan Percaya Ada Arisan Untungnya Gede - JPNN.com Jatim
Ketua DPD RI La Nyalla Mahmud Mattalitti. Foto: Humas DPD RI

jatim.jpnn.com, BANJARMASIN - Ketua DPD RI AA La Nyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan ibu-ibu agar tidak mudah tertarik mengikuti arisan fiktif yang memberikan iming-iming keuntungan besar.

“Kasus penipuan berdalih arisan fiktif yang terjadi di Mojokerto sudah banyak korbannya,” Kata La Nyalla saat melakukan kunjungan kerja ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Minggu (23/5).

La Nyalla mengatakan bahwa arisan merupakan tradisi yang banyak diikuti oleh kelompok masyarakat.

Tidak hanya arisan berbentuk uang, tetapi ada arisan barang, sembako, dan lainnya.

"Kepada masyarakat, terutama bagi kaum wanita, sebaiknya berhati-hati dalam mengikuti arisan, apalagi anggotanya tidak kenal sama sekali. Ini dapat dipastikan hanya modus penipuan," katanya.

La Nyalla meminta aparat penegak hukum lebih aktif melakukan tindakan preventif dan antisipasif agar masyarakat terhindar dari penipuan arisan fiktif.

Selain itu, aparat penegak hukum diminta memberikan informasi seluas-luasnya kepada masyarakat terkait dengan ciri-ciri modus penipuan arisan agar masyarakat tidak berulang kali menjadi korban kasus yang sama.

"Alhamdulillah, pelaku sudah tertangkap. Namun, jangan hanya sampai di situ, harus diusut lebih jauh agar terang benderang ini bermain sendiri atau berkelompok semacam sindikat," katanya. (mcr6/antara/jpnn)

La Nyalla Mahmud Mattalitti mengingatkan ibu-ibu agar tidak mudah tertarik mengikuti arisan fiktif yang memberikan iming-iming keuntungan besar.