Warga Jatim, Bila Demam Tinggi, Harap Periksakan Diri, Bisa Jadi 2 Kemungkinan

Jumat, 28 Januari 2022 – 14:59 WIB
Warga Jatim, Bila Demam Tinggi, Harap Periksakan Diri, Bisa Jadi 2 Kemungkinan  - JPNN.com Jatim
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. (Foto : Humas Pemprob Jatim)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meminta masyarakat segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut jika mengalami demam tinggi.

Hal tersebut dilakukan tidak hanya mewaspadai Covid-19, tetapi juga mempertimbangkan gejala infeksi demam berdarah dengue (DBD) pada yang bersangkutan. 

“Salah satu ciri DBD, yakni mengalami demam tinggi 2-7 hari,” ujarnya, Jumat (28/1). 

Khofifah mengatakan untuk memperkuat diagnosis, dibutuhkan langkah klinis dengan melakukan pemeriksaan darah di laboratorium. 

“Tujuan untuk mengecek kadar trombosit serta mendeteksi IgG dan IgM antidengue,” jelasnya. 

Apabila positif DBD, masyarakat diminta untuk melakukan rawat inap. Pasalnya, terapi demam berdarah yang paling penting adalah cairan infus. 

“Rawat inap itu juga memudahkan monitoring dan pengawasan dari tenaga kesehatan langsung agar tidak menimbulkan gejala serius,” ungkapnya.

Adapun ciri-ciri nyamuk aedes aegypti, yakni warna hitam bintik putih di badan dan kakinya serta menggigit pada siang hari. 

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa minta masyarakatnya yang mengalami gejala demam berhari-hari segera memeriksakan diri.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News