Menko Airlangga Hartarto Dukung Operasi Pasar, Singgung Juga Soal Minyak Goreng dan Gula

Kamis, 13 Januari 2022 – 19:42 WIB
Menko Airlangga Hartarto Dukung Operasi Pasar, Singgung Juga Soal Minyak Goreng dan Gula - JPNN.com Jatim
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat meninjau harga bapok di Pasar Wonokromo Surabaya. (Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto bersama jajaran Pemkot Surabaya dan Pemprov Jatim mengecek harga sembako pada kegiatan operasi pasar di Wonokromo, Kamis (13/1).

Politisi Partai Golkar tersebut mendukung kebijakan pemerintah mengenai pelaksanaan operasi pasar. Tujuannya ialah menekan harga minyak goreng menjadi Rp 14 ribu.

Pasalnya, harga minyak goreng curah di kisaran Rp 17 ribu - Rp 18 ribu.

Selain menjual minyak goreng, kegiatan operasi pasar tersebut juga menjual gula dengan harga Rp 11 ribu per kg. Itu lebih murah dibanding harga pasaran sekitar Rp 13 ribu.

"Operasi pasar juga dilengkapi dengan komoditas lain, termasuk beras, telur, cabai, bawang, yang semuanya didukung oleh pemerintah dan Bulog," ujarnya.

Tentu, lanjut Airlangga, pemerintah akan terus mengambil kebijakan baru dan regulasinya sedang diatur dalam Keputusan Mendag yang baru diterbitkan dua hari lalu.

"Mudah-mudahan makin marak lagi peredaran minyak goreng harga Rp 14 ribu, katanya.

Adapun, kata Airlangga, gula nanti akan dilihat produksinya karena Jawa Timur merupakan salah satu produsen komoditas tersebut. 

Menko Perekonomian Airlangga mendatangi Wonokromo, Surabaya, Kamis (13/1). Lihat apa yang dilakukannya.