Dosen Untag Surabaya Rancang Tungku Peleburan Aluminium Berbahan Bakar Oli Bekas, Lihat

Rabu, 29 Desember 2021 – 09:52 WIB
Dosen Untag Surabaya Rancang Tungku Peleburan Aluminium Berbahan Bakar Oli Bekas, Lihat - JPNN.com Jatim
Dosen Untag Surabaya Hery Munarwan menunjukkan tungku peleburan logam berbahan bakar oli bekas rancangan timnya. Foto: Dok. Untag Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen Untag Surabaya menjalankan program kemitraan masyarakat dengan merancang tungku peleburan logam aluminium berbahan bakar oli bekas. 

Program itu dibiayai dari hibah P2M (penelitian dan pengabdian masyarakat) tahun 2022 dari Kemendikbudristek pada CV Cahaya Mulya tersebut.

Program itu bertujuan untuk menekan biaya produksi agar memiliki kemampuan daya saing di pasar. 

Programnya diketuai Hery Murnawan dengan anggota Putu Eka Dewi Karunia Wati, Prof Dr Mulyanto Nugroho, dan Faradlillah Saves.

Heri mengatakan CV Cahaya Mulya merupakan UKM pengecoran logam aluminium yang awalnya memproduksi wajan. Namun, mereka memutuskan merubah arah produksinya seiring menurunnya permintaan.

“Saat ini yang dibuat komponen mesin perkakas berupa puli, tutup oli, tempat bearing, tutup parutan kelapa, dan propeler. Proses produksi dilakukan menggunakan cetakan logam dan tanah,” ujar Hery tertulis Rabu (28/12).

Aktivitas produksi pencetakan komponen itu sempat menemui kendala, seperti pengentalan cairan logam. Hal tersebut mengakibatkan proses produksi menjadi tidak efektif dan efisien.

“Akibatnya harga jual produksi tidak dapat memberikan keuntungan yang optimal,’’ jelas Kaprodi Teknik Industri tersebut.

Rancangan tungku peleburan logam aluminium berbahan bakar oli bekas itu program gang dibiayai hibah penelitian dan pengabdian masyarakat dari Kemendikbudristek
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News