Dusun Bondeli Utara di Lumajang Terancam Dilewati Aliran Sungai Rejali

Jumat, 17 Desember 2021 – 19:58 WIB
Dusun Bondeli Utara di Lumajang Terancam Dilewati Aliran Sungai Rejali - JPNN.com Jatim
Pemerintah melakukan pengerukan untuk mengarahkan kembali aliran air Sungai Rejali ke jalur semula. Foto: Ridho Abdullah/jpnn.com

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Banjir lahar hujan yang menerjang Dusun Bondeli Utara, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Lumajang pada Kamis (16/12) membuat pemerintah melakukan sejumlah tindakan penanganan.

Salah satu tindakan yang dilakukan, yakni normalisasi aliran Sungai Rejali.

Koordinator Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas PUPR, Muhammad Yunus menjelaskan banjir lahar hujan beberapa waktu lalu membuat aliran baru Sungai Rejali yang mengarah ke Dusun Bondeli.

Pihaknya pun melakukan pengerukan kembali pada Jumat (17/12) untuk mengubah arah aliran air supaya tidak menuju ke arah permukiman.

"Kami membuat langkah-langkah strategis supaya air menuju aliran semula," ucapnya.

Dia memaparkan ada tiga langkah yang dilakukan. Pertama, membuat tanggul di hilir dari jalan nasional. Dengan begitu, air yang terjebak di sana bisa keluar.

Kedua, membuat saluran pengarah dari Kamar Kajang menuju tempat air masuk. Ditambah dengan membuat sodetan agar air yang terjebak di jalan nasional bisa keluar.

Ketiga, mengembalikan aliran Sungai Rejali ke jalur semula.

Banjir lahar hujan yang terjadi kemarin mengakibatkan munculnya aliran baru Sungai Rejali yang mengarah ke permukiman pendudukan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News