Warga Pesisir Pantai di Pamekasan, Wajib Simak Imbauan Berikut!

Jumat, 17 Desember 2021 – 10:26 WIB
Warga Pesisir Pantai di Pamekasan, Wajib Simak Imbauan Berikut! - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Banjir rob berpotensi terjadi di pesisir pantai Kabupaten Pamekasan, Madura dalam beberapa waktu ini. (Antara/Abd Aziz)

jatim.jpnn.com, PAMEKASAN - Penduduk di pesisir pantai Pamekasan, Madura diimbau untuk meningkatkan kewaspadaan karena diperkirakan bakal terjadi pasang air maksimum yang berpotensi menyebabkan banjir rob.

"Berdasarkan prakiraan dari BMKG, waktu pasang maksimumnya antara pukul 21.00-23.00 WIB," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD Pamekasan, Budi Cahyono, Kamis (16/12).

Fenomena pasang maksimum air laut yang berpotensi menyebabkan banjir rob itu diperkirakan dapat mencapai ketinggian 130-140 sentimeter dari permukaan laut.

Maka dari itu, pihaknya meminta warga yang tinggal di sepanjang pesisir pantai kawasan Pamekasan agar meningkatkan kewaspadaan.

"Kami juga meminta agar masyarakat mengikuti perkembangan terkini melalui media dan sumber resmi terpercaya," ujar dia

Berdasarkan data BPBD Pamekasan, banjir rob akibat pasang air laut maksimum biasanya terjadi di pesisir Pantai Talang Siring di Desa Kaduara Barat, Pantai Jumiang di Kecamatan Pademawu, dan Pantai Branta di Kecamatan Tlanakan.

"Kami sudah mengutus tim untuk menyosialisasi secara langsung kepada masyarakat di sana agar lebih diperhatikan," tutur Budi.

Selain Pamekasan, menurut dia, pasang maksimum air laut juga diperkiraan berpotensi terjadi di pesisir Pantai Kalianget, Sumenep, Madura. (antara/mcr13/jpnn)

BPBD Pamekasan mengeluarkan imbauan khusus bagi warga pesisir pantai di kabupaten setempat.

Redaktur & Reporter : Fahmi Azis

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News