Data Sementara: Gempa Bumi di Jember Sebabkan 12 Rumah Plus 1 Pondok Rusak

Kamis, 16 Desember 2021 – 14:08 WIB
Data Sementara: Gempa Bumi di Jember Sebabkan 12 Rumah Plus 1 Pondok Rusak - JPNN.com Jatim
Rumah rusak akibat gempa di Kabupaten Jember pada Kamis (16/12/2021) pagi. (ANTARA/HO-BPBD Jember)

jatim.jpnn.com, JEMBER - Gempa bumi magnitudo 5,1 pada Kamis (16/12) pagi sementara diketahui menyebabkan belasan rumah di beberapa kecamatan kawasan Jember mengalami kerusakan.

"Beberapa rumah dilaporkan mengalami kerusakan ringan hingga sedang di beberapa kecamatan, tetapi kami terus melakukan pendataan," kata Sekretaris BPBD Jember, Heru Widagdo.

Data rumah warga yang mengalami kerusakan tersebut berasal dari laporan warga dan sukarelawan yang turun ke lokasi terdampak gempa bumi itu.

"Belasan rumah yang rusak itu tersebar di lima kecamatan, yakni Ambulu, Tempurejo, Silo, Puger, dan Wuluhan," ujar dia.

Heru menyampaikan rumah rusak akibat gempa sementara sebanyak 12 rumah. Rinciannya, delapan rumah rusak ringan dan empat sedang.

“Ditambah satu pondok pesantren rusak ringan," tutur dia.

Heru mengatakan data tersebut kemungkinan akan berubah karena pendataan masih dilakukan oleh sukarelawan BPBD Jember yang sudah turun ke sejumlah lokasi.

"Kami mengimbau warga tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," ucap dia.

Belasan rumah di Jember rusak akibat gempa bumi yang terjadi pada Kamis (16/12) pagi.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News