Imbas Gempa Malang, Sejumlah Bangunan di Blitar Rusak

Sabtu, 23 Oktober 2021 – 04:50 WIB
Imbas Gempa Malang, Sejumlah Bangunan di Blitar Rusak - JPNN.com Jatim
Anggota kepolisian mengangkat puing atap bagian teras gedung musala An Nur di Kecamatan Binangun, Kabupaten Blitar, yang mengalami kerusakan setelah terjadi gempa bumi M5,3 di barat daya Kabupaten Malang, Jawa Timur, Jumat (22/10/2021). (ANTARA/HO-BNPB)

jatim.jpnn.com, BLITAR - Gempa bumi terjadi di Kabupaten Malang berkekuatan magnitudo 5,3 yang terjadi Jumat (22/10) pagi. Getaran gempa tersebut terasa sampai di beberapa daerah seperti Tulungagung dan Blitar.

Di Kabupaten Blitar, gempa tersebut menyebabkan kerusakan pada sejumlah bangunan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Blitar melaporkan getaran tersebut dirasakan dengan kekuatan sedang selama dua hingga empat detik di Kabupaten Blitar.

Dalam laporan tersebut tampak teras gedung Mushola An Nur di Kecamatan Binangun rusak dan terjatuh hingga ke tanah.

Lalu yang mengalami kerusakan juga adalah gedung kantor Desa Sarang, satu unit rumah rusak ringan, satu gedung balai kesenian Desa Sidorejo rusak ringan, dan satu gedung kantor Kecamatan Binangun alami rusak ringan.

Sebelumnya, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut gempa di Malang tersebut merupakan jenis gempa bumi menengah akibat aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia terhadap lempeng Eurasia.

Guncangan juga dirasakan di beberapa daerah seperti Ponorogo, Malang, Pasuruan, Nganjuk, Mojokerto, Pacitan, Lumajang, Jember dan Trenggalek. (antara/mcr17/jpnn)

Gempa bumi terjadi di Kabupaten Malang yang terjadi Jumat (22/10) pagi. Getaran gempa tersebut terasa sampai di beberapa daerah seperti di Blitar.

Redaktur & Reporter : Febriansyah

Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News