43 Korban Erupsi Gunung Semeru Hilang, Pencarian Terbatas Kedalaman 1 Meter

Rabu, 08 Desember 2021 – 15:11 WIB
43 Korban Erupsi Gunung Semeru Hilang, Pencarian Terbatas Kedalaman 1 Meter - JPNN.com Jatim
Foto dok. Tim SAR gabungan mengevakuasi jenazah korban bencana awan panas guguran Gunung Semeru pada Senin (6/12/2021). (ANTARA/HO-Diskominfo Lumajang)

jatim.jpnn.com, LUMAJANG - Hingga saat ini, tercatat 43 korban hilang dalam bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang. Dari jumlah itu, 16 di antaranya tengah dalam proses pencarian tim SAR gabungan.

"Sebanyak 16 korban masih dalam proses pencarian dan sekarang masih diidentifikasi tim evakuasi," kata Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, Rabu (8/12).

Dia mengutarakan tim SAR kini melakukan pencarian pada kedalaman satu meter dari timbunan material awan panas guguran.

"Pencarian pada kedalaman 10 meter lebih masih berisiko tinggi bagi tim evakuasi," ujar dia.

Cak Thoriq, sapaannya, mengatakan saat ini, total korban luka akibat erupsi Gunung Semeru sebanyak 120 orang, di antaranya 82 korban mengalami luka ringan atau rawat jalan dan 38 orang mengalami luka berat.

Sedangkan, 35 orang lain dikabarkan meninggal dunia.

"Korban luka-luka masih dilakukan perawatan di rumah sakit Lumajang maupun beberapa pusat fasilitas kesehatan rujukan," ujar dia.

Di kesempatan yang sama, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa meminta para sukarelawan untuk ikut membantu melakukan pemetaan guna meningkatkan kualitas layanan pengungsi, terutama bagi yang masuk kategori ibu hamil, difabel, anak kecil, dan lansia.

Pencarian korban hilang akibat erupsi Gunung Semeru masih dilakukan secara terbatas.
Sumber Antara