Berikut Kesiapan RSLI Hadapi Varian Omicron dan Momen Nataru

Selasa, 07 Desember 2021 – 13:59 WIB
Berikut Kesiapan RSLI Hadapi Varian Omicron dan Momen Nataru - JPNN.com Jatim
Petugas RSLI sedang melakukan rapat terkait persiapan nataru dan antisipasi varian baru covid-19 omicron. (Foto: Dok. Radian Jadid)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) Surabaya bersiap menghadapi Natal dan Tahun Baru (Nataru) dan ancaman varian baru Covid-19, Omicron.

Ketua PPKPC RSLI, Radian Jadid menyatakan bahwa semua sukarelawan di tempatnya tetap bersiaga menjalankan fungsinya sesuai SK keberadaan rumah sakit dan MoU yang akan berakhir pada Desember 2021.

“Selama belum ada keputusan baru dari pimpinan tentang keberlangsungan rumah sakit, maka semua tetap berjalan normal seperti biasanya, termasuk menghadapi Nataru dan potensi serangan varian Omicron,”ujarnya, Senin (6/12).

Dia pun menerangkan untuk mengantisipasi varian Omicron, pemerintah diharapkan dapat memperketat jalan masuk dari kedatangan luar negeri, baik lewat jalur darat, laut maupun udara.

“Upaya 3T, pemeriksaan ketat, serta karantina bagi mereka yang masuk dari luar negeri dan harus benar-benar dijalankan tanpa pengecualian,” katanya.

Jadid mengatakan WHO menyebutkan bahwa varian yang berasal dari Afrika Selatan itu sudah masuk sebagai varian of concern (VoC) dan memiliki daya tular hingga lima kali lipat dibandingkan virus Covid pada umumnya.

“Sehingga, perlu diwaspadai terkait dengan penularan dan kemungkinan mempengaruhi efektivitas vaksin,” katanya.

Selain itu, Jadid menjelaskan hingga dua bulan belakangan, RSLI zero pasien Covid-19. Namun, bila nantinya menerima kembali pasien, pihaknya akan lebih antisipatif, terutama bagi para personel sukarelawan pendamping.

Rumah Sakit Lapangan Indrapura (RSLI) mengaku siap menghadapi Nataru dan ancaman varian Omicron
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News