Perusahaan Inggris Teken MoU Kerja Sama Proyek Solar Panel di Jawa Timur

Kamis, 02 Desember 2021 – 12:26 WIB
Perusahaan Inggris Teken MoU Kerja Sama Proyek Solar Panel di Jawa Timur - JPNN.com Jatim
Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins (kiri) di sela pertemuan dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (1/12/2021) malam. ANTARA/Fiqih Arfani

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Duta Besar Inggris untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins menjadi saksi ditandatanganinya kesepakatan di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Rabu (1/11) malam.

Pada momen itu, terdapat dua kesepakatan yang diteken antara antara pemerintah dan universitas yang berada di Jawa Timur.

"Saya senang sekali bisa menyaksikan penandatanganan dua nota kesepahaman (MoU) malam ini," ujarnya.

Nota kesepahaman pertama, yakni dari perusahaan Inggris Shire Oak yang menyediakan solar panel dan listrik untuk Jawa Timur.

Sedang, kesepakatan kedua antara Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya dan Universitas John Moores di Liverpool yang akan menindaklanjuti pengembangan sains beserta taman teknologi.

Terkait dengan target lokasi pengoperasian solar panel, dia mengaku belum bisa menjelaskan secara detail.

Namun, dia ingin memulai proyek tersut sesegera mungkin usai bertemu dengan perwakilan Pemprov dan Pemerintah Pusat.

Sementara itu, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menjelaskan upaya melakukan pembangunan dengan konsep ramah lingkungan oleh Pemerintah Inggris mendapat dukungan, antara lain, untuk energi baru terbarukan melalui solar panel.

Gubernur Khofifah menjelaskan upaya pembangunan dengan menerapkan konsep ramah lingkungan oleh Pemerintah Inggris mendapat dukungan.
Sumber Antara