Lihat Produk Sosis Bergizi Tinggi Tanpa Pengawet Buatan Bikinan Mahasiswa UB

Kamis, 29 Juli 2021 – 15:34 WIB
Lihat Produk Sosis Bergizi Tinggi Tanpa Pengawet Buatan Bikinan Mahasiswa UB - JPNN.com Jatim
Sosis "BASUKE" (Barakuda, Singkong dan Daun Kelor) bergizi tinggi inovasi mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Brawijaya (FPIK UB) dengan bahan pengawet dari cangkang udang. ANTARA/HO-Universitas Brawijaya

jatim.jpnn.com, MALANG - Lima mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur berhasil membuat sosis bergizi tinggi.

Nama merek yang diusung pun menarik, yakni Basuke, akronim dari bahan bakunya meliputi barakuda, singkong, dan daun kelor.

Kelima mahasiswa itu, antara lain, Surya Rachman Susilowati, Erviana Shinta Dewi, Surya Dewa Ramadhan, Lalu Octavian Diandra P, dan Yesica Wulanda Eka P.

"Bahan pengawet yang dipakai sosis Basuke berasal dari cangkang atau karapas udang," kata anggota tim, Surya, Kamis (29/7).

Dia mengemukakan ikan barakuda dipilih menjadi bahan baku produknya karena mengandung vitamin B2 yang berperan menjaga sistem saraf agar berjalan normal, memperlancar metabolisme, menyembuhkan radang kulit, mencegah penyakit jantung, dan baik bagi kesehatan mata.

Sedang daun kelor memiliki kandungan gizi yang baik untuk kesehatan berupa protein, karbohidrat, zat besi, magnesium, dan vitamin A.

Adapun singkong kaya akan zat besi, energi, fosfor, kalium, karbohidrat, dan lemak serta difortifikasi kitosan yang berfungsi sebagai bahan pengawet alami.

Selain itu, karapas udang dapat dapat menghambat pertumbuhan mikroorganisme perusak serta melapisi sehingga terjadi interaksi yang minimal antara produk dan lingkungan.

Sumber Antara