Dapat Daging Kurban, Tetapi Bingung Mau Diapai? Simak Tip Ini Dahulu

Rabu, 21 Juli 2021 – 14:44 WIB
Dapat Daging Kurban, Tetapi Bingung Mau Diapai? Simak Tip Ini Dahulu - JPNN.com Jatim
Ilustrasi - Ahli gizi Unusa Surabaya membeberkan tip yang perlu diperhatikan sebelum mengolah daging kurban. Foto: Ricardo/JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Dosen S1 Gizi Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Rizki Nurmalya Kardina berbagi tip mengolah daging kurban Iduladha.

Menurut Rizki, langkah pertama dalam mengolah daging ialah membuang lemaknya. Sebab, di dalam daging sendiri sudah terdapat kandungan lemak.

"Itu dilakukan untuk mengurangi lemak yang nantinya akan diolah, entah dibakar, disup, atau lainnya," kata dia, Rabu (22/7).

Kaprodi S1 Gizi Unusa itu pun menyarankan ketika memasak daging, sebaiknya diimbangi sayuran dan buah-buahan. Sehingga vitamin serta mineral yang dibutuhkan dalam tubuh tercukupi.

"Lebih baik pengolahan daging diimbangi vitamin lainnya pada sayuran," ujar Rizki.

Dia juga membeberkan beberapa olahan daging yang paling sering dimasak saat lebaran kurban, antara lain, rawon, sate, rendang, hingga tongseng.

Bagi Rizki, masakan tersebut menyumbang kalori maupun lemak yang lebih besar dan bisa berdampak pada penyakit hipertensi, kolesterol, maupun kelebihan berat badan.

Guna menghindari dampak itu, isi piring makan dengan sepertiga makanan pokok, seperenam untuk lauk daging, seperenam buah-buahan, dan sepertiga sayuran. (antara/mcr13/jpnn)

Dosen S1 Gizi Fakultas Kesehatan Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) Rizki Nurmalya Kardina berbagi tip mengolah daging kurban Iduladha.
Sumber Antara