Bung Karna Dorong Perangkat Daerah Situbondo agar Inovatif

Jumat, 13 Agustus 2021 – 15:58 WIB
Bung Karna Dorong Perangkat Daerah Situbondo agar Inovatif - JPNN.com Jatim
Bupati Situbondo Karna Suswandi (tengah) mewanti-wanti camat dan lurah di wilayahnya untuk menerapkan PPKM mikro. (ANTARA/Novi H)

jatim.jpnn.com, SITUBONDO - Bupati Situbondo Karna Suswandi meminta seluruh perangkat daerah agar berinovasi demi peningkatan layanan kepada masyarakat.

Bung Karna, sapaan akrabnya, mengatakan bahwa organisasi perangkat daerah (OPD) di Situbondo musti melakukan terobosan dan harus memiliki ide segar setidaknya setiap setahun sekali.

"Pemerintah dalam hal ini OPD merupakan pelayan publik yang wajib terus melakukan berbagai inovasi dan kkreatif," imbuhnya.

Menurut Bung Karna, inovasi pelayanan publik akan berdampak besar pada peningkatan sumber daya masyarakat dan pertumbuhan ekonomi. Setelah semua itu berdaya, lanjut Karna, maka kesejahteraan masyarakat akan terjamin

"Inovasi setiap OPD akan mengefisiensi semua aspek, seperti anggaran yang minim, termasuk sumber daya manusia (SDM) yang sangat terbatas," tuturnya.

Salah satu inovasi unggulan yang bisa jadi contoh dan sangat bagus adalah program Sehat Gratis (Sehati). Inovasi ini merupakan program pelayanan kesehatan gratis di setiap fasilitas kesehatan milik pemda Situbondo

"Program Sehati ini memudahkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat miskin," katanya.

"Jadi, intinya OPD harus terus berinovasi. Hal ini sesuai dengan tagline pelayanan aktif, kreatif, efektif dan memuaskan yang disingkat dengan Pakem," imbuh Bung Karna.

Bupati Situbondo Karna Suswandi meminta seluruh perangkat daerah agar berinovasi demi peningkatan layanan kepada masyarakat.
Sumber Antara