Simulasi Pilkada Surabaya: Eri-Armuji Belum Aman, Duet Dhani-Bayu Mengancam

Jumat, 31 Mei 2024 – 19:27 WIB
Simulasi Pilkada Surabaya: Eri-Armuji Belum Aman, Duet Dhani-Bayu Mengancam - JPNN.com Jatim
Direktur ARCI Baihaki Sirajt memaparkan hasil simulasi Pilkada Surabaya 2024 dengan sejumlah calon, Jumat (31/5). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil simulasi pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya. Selain itu, melakukan survei elektabilitas nama yang digadang-gadang maju dalam Pilkada Surabaya 2024.

Direktur ARCI Baihaki Sirajt mengatakan dari simulasi dua pasangan calon antara Eri Cahyadi-Armuji melawan Ahmad Dhani-Bayu Airlangga, di mana Eri-Armuji representasi PDIP, PKB melawan Dhani-Bayu representasi Gerindra-Golkar.

"Hasilnya, Eri-Armuji unggul dengan 39,7 persen dengan Dhani-Bayu 28,2 persen," kata Baihaki saat memaparkan rilis di Surabaya, Jumat (31/5).

Meski unggul, Eri-Armuji masih belum aman lantaran responden yang belum menentukan pilihan masih tinggi dan bisa diperebutkan paslon lain.

"Responden 32,1 persen belum menentukan pilihan atau belum menjawab. Jumlah responden ini menggambarkan pemilih di Surabaya yang belum menentukan pilihannya masih sangat tinggi," ujarnya.

Apabila duet Dhani-Bayu diduetkan dan didukung partai politik dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) peluang menang diperkirakan sangat besar.

"Duet Dhani-Bayu potensial mengalahkan Eri-Armuji, apalagi parpol di KIM solid mengusung Dhani-Bayu karena tingkat kepuasan warga Surabaya juga ke petahana tidak tinggi, beda seperti era Risma," ucapnya.

Selain dua calon tersebut, ARCI juga melakukan simulasi Eri-Armuji melawan Hendro-Gunawan-Hendy Setiono. Hasilnya, Eri-Armuji mendapatkan 39,9 persen, sedangkan Hendro-hendy 19,4 persen, dan responden belum menentukan 40,7 persen.

Duet Ahmad Dhani-Bayu Airlangga berpotensi mengalahkan pasangan Eri-Armuji dalam Pilkada Surabaya 2024.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News