Jika Khofifah & Risma Maju Pilgub Jatim 2024, Pengamat Blak-Blakan Bilang Begini

Selasa, 30 April 2024 – 11:36 WIB
Jika Khofifah & Risma Maju Pilgub Jatim 2024, Pengamat Blak-Blakan Bilang Begini - JPNN.com Jatim
Ilustrasi: Pilkada Serentak 2024. ANTARA/Afif

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat politik dari Unair Fahrul Muzaqqi menyebut Khofifah Indar Parawansa memiliki modal jaringan politik dalam Pilkada 2024 daripada Tri Rismaharini.

"Dalam perkembangan saat ini, Bu Risma belum begitu bisa mengimbangi. Artinya, belum kuat mengejar Bu Khofifah," ujar Fahrul, Senin (29/4).

Menurutnya, jaringan politik yang dimiliki Khofifah makin kuat dengan langkah strategis yang diambil ketika bergabung ke barisan tim pemenangan paslon nomor 2 Prabowo-Gibran saat Pilpres 2024.

Peran Khofifah sebagai Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran dinilai bisa memberikan dampak berkelanjutan dukungan para simpatisan paslon nomor 2.

Dia menilai, keterlibatan langsung Khofifah menjadi kredit poin untuk memperkuat elektabilitas dan popularitasnya untuk persiapan dalam Pilgub Jatim 2024.

"Selain itu pertimbangan lainnya, beliau punya basis masa Muslimat, pendekatannya intensif itu sudah rahasia umum," katanya.

Adapun posisi Risma sebagai kader PDI Perjuangan memberikan keuntungan bagi Khofifah yang notabenenya bukan anggota partai.

"PDI Perjuangan sampai sekarang belum bisa sepenuhnya melebur dengan Pak Jokowi, setelah beberapa kali ada ketegangan," ucapnya.

Pengamat politik Unair Fahrul Muzaqqi menyebut Khofifah lebih punya modal daripada Risma soal jaringan politik untuk maju dalam Pilgub Jatim 2024.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News