Ikuti Jejak Bayu Airlangga, Ketua DPC Kediri Mundur dari Demokrat Jatim

Senin, 30 Mei 2022 – 16:10 WIB
Ikuti Jejak Bayu Airlangga, Ketua DPC Kediri Mundur dari Demokrat Jatim - JPNN.com Jatim
Ketua DPC Demokrat Kediri Yakup (kanan) memutuskan mundur dari partainya. Foto: Dok. Pribadi Yakup untuk JPNN

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Emil Elestianto Dardak telah ditetapkan sebagai Ketua Demokrat Jatim dalam Musda. Namun, hasilnya memiliki dampak panjang.

Setelah hengkangnya Bayu Airlangga lantaran tak terpilih dan akhirnya bergabung dengan partai lain, kini Ketua DPC Demokrat Kabupaten Kediri Yakup memutuskan mengikuti jejak menantu Pakde Karwo tersebut.

Dia memutuskan mundur karena melihat hilangnya demokrasi dalam tubuh partai pascapenetapan hasil Musda Demokrat Jatim.

"Per 26 Mei saya mundur dari Demokrat," kata Yakup dalam keterangan tertulisnya, Senin (30/5).

Yakup menilai Partai Demokrat sudah tak sesuai dengan platform perjuangan partai terkait proses musda yang demokratis. Di mana saat Bayu meraih 25 dukungan, yang terpilih justru Emil dengan 13 dukungan ditambah satu dari DPD.

“Saya pernah menjadi ketua ranting, ketua PAC, sekretaris DPC, sampai Ketua DPC. Selama bersama Demokrat baru kali ini merasakan roh perjuangan untuk memperjuangkan demokrasi tidak ada, untuk itu saya memilih keluar dari Demokrat,” bebernya.

Yakup menyebut tak hanya dirinya yang mundur. Dia memprediksi sejumlah Ketua DPC Demokrat Jatim di beberapa daerah lain juga akan mengikuti langkahnya.

"Sangat mungkin disusul dengan para ketua DPC lain atau kader Demokrat lainnya yang juga akan mundur," lanjutnya.

Ketua DPC Demokrat Kediri memutuskan mengundurkan diri dari partainya dengan alasan tidak melihat demokrasi setelah hasil Musda beberapa waktu lalu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News