Nama Sejumlah Kepala Daerah Dicantumkan Kepengurusan Demokrat Jatim, Pengamat: Itu Wajar

Senin, 25 April 2022 – 12:51 WIB
Nama Sejumlah Kepala Daerah Dicantumkan Kepengurusan Demokrat Jatim, Pengamat: Itu Wajar - JPNN.com Jatim
Pelantikan Emil Elestianto Dardak sebagai Ketua DPD Demokrat Jatim oleh Ketum AHY. Foto: Dok. Pribadi Fajar untuk JPNN.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Pengamat politik dari lembaga The Republic Institute Sufyanto merespons sikap berebeda beberapa kepala daerah yang namanya tercantum sebagai pengurus DPD Partai Demokrat Jatim periode 2022-2027.

Menurutnya, respons berbeda yang diberikan Bupati Lamongan Yuhronur Efendi dan Wali Kota Madiun Maidi adalah sikap politik yang wajar.

Nama mereka berdua bersama sejumlah bupati dan wali kota tercantum sebagai pengurus disebut saat proses pelantikan DPD Partai Demokrat Jatim di Surabaya pada Jumat (22/4).

"Rasanya wajar bila beberapa kepala daerah tidak akan tegas menjawab keikutsertaannya dalam kepengurusan karena ingin menjaga relasi dengan semua partai pengusung di saat Pilkada lalu," kata Sufyanto, Minggu (24/4).

Hal itu menjadi lumrah ketika beberapa kepala daerah punya sikap dan menjawab keikutsertaannya dalam kepengurusan partai.

"Agar bisa diterima di semua warna partai politik, untuk kepentingan proses pencalonan dalam Pilkada mendatang," ujarnya.

Menurutnya fenomena itu tak lepas dari praktik pemberian rekomendasi dukungan partai politik kepada para calon kepala daerah dengan syarat-syarat tertentu, seperti menjadi anggota partai hingga tercatat sebagai pengurus.

"Biasanya kepala daerah akan berusaha memberi dukungan kepada parpol pengusung utama meski mereka tetap menjalin komunikasi dengan parpol pendukung lainnya," ucapnya.

Pengamat politik mrerespons sikap berbeda beberapa kepala daerah yang namanya tercantum sebagai pengurus Demokrat Jatim.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News