Alasan PSSI Percepat Kongres Luar Biasa, Demi Hal Ini

Sabtu, 29 Oktober 2022 – 14:39 WIB
Alasan PSSI Percepat Kongres Luar Biasa, Demi Hal Ini - JPNN.com Jatim
Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan (kiri) seusai bertemu dengan perwakilan Federasi Sepak Bola Asia (AFC) dan Federasi Sepak Bola Dunia (FIFA) di kawasan Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Rabu (12/10). ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/rwa.

jatim.jpnn.com, JAKARTA - Pelaksanaan Kongres Luar Biasa (KLB) diputuskan dipercepat oleh PSSI setelah menggelar rapat darurat Exco di Jakarta pada Jumat (28/10) malam.

“Tahapan KLB akan kami mulai dari berkirim surat pemberitahuan kepada FIFA berisi usulan kongres,” kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan dalam akun YouTube PSSI TV, Sabtu (29/10).

Alasan PSSI mempercepat KLB yang seharusnya digelar pada November 2023, yaitu untuk mencegah perpecahan di kalangan anggotanya.

Seharusnya, berdasarkan Statuta PSSI, KLB digelar jika ada permintaan tertulis dari 50 persen atau 2/3 hari dari jumlah anggota PSSI.

Kemudian, KLB bakal dilaksanakan tiga bulan seusai PSSI menerima permohonan tersebut.

Namun, saat ini, baru dua anggota PSSI yang mengajukan permintaan KLB, yakni klub Persis Solo serta Persebaya Surabaya.

"Exco PSSI memutuskan mempercepat KLB pemilihan dengan memperhatikan surat yang dikirim oleh dua anggotanya. Exco PSSI tidak ingin terjadi perpecahan di antara para anggotanya dan karena Exco PSSI adalah mandataris yang dipilih oleh delegasi (voter) yang mewakili anggota PSSI," jelasnya.

Harapan PSSI, keputusan mempercepat KLB menjadi pertimbangan semua pemangku kepentingan agar membantu bergulirnya kembali Liga 1, 2, 3 2022/2023.

PSSI memutuskan mempercepat Kongres Luar Biasa dengan alasan mencegah perpecahan dan membantu bergulirnya kembali Liga 1, 2, dan 3 musim 2022/2023.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News