CEO Baba Rafi Ungkap Pentingnya Diplomasi Antarnegara Tuk Kenalkan Kuliner Indonesia

Senin, 28 Oktober 2024 – 13:08 WIB
CEO Baba Rafi Ungkap Pentingnya Diplomasi Antarnegara Tuk Kenalkan Kuliner Indonesia - JPNN.com Jatim
Founder & Group CEO Baba Rafi Enterprise Hendy Setiono menyampaikan orasi ilmiah bertajuk Gastrodiplomasi untuk Karya Kuliner UMKM dihadapan 557 wisudawan Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri, Minggu (27/10). Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, KEDIRI - Founder & Group CEO Baba Rafi Enterprise Hendy Setiono menyampaikan orasi ilmiah bertajuk Gastrodiplomasi untuk Karya Kuliner UMKM di hadapan 557 wisudawan Universitas Islam Kadiri (Uniska) Kediri, Minggu (27/10).

Penyelenggaraan wisuda program sarjana ke-43 dan magister ke-34 Uniska Kediri ini mengusung tema Mencetak Generasi Unggul: Menguasai Teknologi AI dengan Akhlak Islami.

Di hadapan ratusan wisudawan, Hendy menekankan pentingnya diplomasi antarnegara melalui kuliner khas Indonesia, terutama untuk sektor UMKM.

“Kuliner dapat menjadi pintu masuk untuk memperkenalkan budaya Indonesia sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” kata Hendy.

Dia menekankan gastrodiplomasi adalah langkah penting dalam memperkenalkan budaya dan cita rasa Indonesia ke kancah internasional dan beradaptasi dengan dunia Digital.

“Kuliner kita yang kaya dan beragam bisa menjadi daya tarik tersendiri dalam hubungan antarnegara dan sekaligus meningkatkan sektor UMKM di tanah air,” ujarnya.

Hendy mengatakan wisudawan yang hadir memiliki peranan besar dalam menuju Program Indonesia Emas 2045 dan pertumbuhan ekonomi delapan persen.

Selain Hendy, hadir pula Ketua Umum Yayasan Bina Cendekia Muslim Pancasila (YBCMP) Kediri KH. Anwar Iskandar, yang baru saja dilantik sebagai Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) periode 2023-2025.

CEO Baba Rafi mengungkap cara mengenalkan kuliner nusantara lewat Gastrodiplomasi kepada wisudawan Uniska.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News