5 Kerangka Manusia Ditemukan Saat Ekskavasi di Situs Kumitir Mojokerto

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 08:33 WIB
5 Kerangka Manusia Ditemukan Saat Ekskavasi di Situs Kumitir Mojokerto - JPNN.com Jatim
Tim Penyelamatan Situs Kumitir Mojokerto, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) menemukan lima kerangka manusia saat proses ekskavasi Situs Kumitir, Mojokerto. Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Tim Penyelamatan Situs Kumitir Mojokerto, Balai Pelestarian Cagar Budaya Jawa Timur (BPCB Jatim) menemukan lima kerangka manusia saat proses ekskavasi Situs Kumitir.

Penemuan kerangka manusia itu bukan kali pertama. Pada ekskavasi tahun 2021, kerangka manusia juga ditemukan di situs tersebut. Saat ini, lima kerangka tersebut sedang diidentifikasi.

"Pada kegiatan yang dilakukan sebelumnya pada 2021 itu kan di sektor A B C D di Situs Kumitir ditemukan kerangka di kedalaman satu meteran dari permukaan tanah," ujar Ketua Tim Penyelamatan Situs Kumitir Mojokerto, BPCB Jatim Muhammad Ikhwan, Jumat (11/10).

Lalu pada tahun 2024, tim kembali melakukan ekskavasi untuk mengetahui apakah ada kerangka lainnya di area tersebut. Hasilnya, sejak ekskavasi dilakukan pada 1-9 Oktober 2024, lima kerangka pun ditemukan dalam waktu yang berbeda. 

"Kali ini kami ekskavasi 10-20 sentimeter, dari permukaan tanah yang sudah digali pada ekskavasi sebelumnya, kami dapatkan lima kerangka manusia," katanya.

Ikhwan menyebut saat ditemukan lima kerangka tersebut memiliki pola tertentu pada kedalaman yang sama. Tak ada bahan apapun, seperti kain yang melapisi lima kerangka. 

"Untuk temuan kerangka itu, kan saat ini lima secarah arah, sedikit agak berbeda dengan arah hadap penguburan, kali ini ada yang hadap utara, barat, barat laut, keberadaannya itu dengan interval yang sejajar, jadi terpola, kami hanya menemukan kerangka saja, kami tidak menemukan kain atau apa," jelasnya.

Ikhwan menambahkan dari lima kerangka tersebut, empat di antaranya memiliki ukuran layaknya kerangka orang dewasa. Adapun satu lainnya, memiliki ukuran lebih pendek. 

Lima kerangka manusia ditemukam saat ekskavasi Situs Kumitir, begini ciri-cirinya
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News