Objek Cagar Budaya Lingga Ditemukan di Lamongan, Diduga Jejak Sejarah Peradaban Hindu

Selasa, 01 Oktober 2024 – 11:11 WIB
Objek Cagar Budaya Lingga Ditemukan di Lamongan, Diduga Jejak Sejarah Peradaban Hindu - JPNN.com Jatim
Alumni Sejarah dan Peradaban Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, Muhammad Fa’iq Rusydi, S.Hum (memakai kacamata) saat melakukan penelitian dan upaya penyelamatan Objek Diduga Cagar Budaya (ODCB) berupa Lingga di Desa Sedayulawas, Brondong, (Senin, 30 September 2024). ANTARA/ HO - Dokumentasi Fa'iq.

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Objek diduga cagar budaya (ODCB) berupa Lingga ditemukan di daerah pesisir pantai utara Lamongan, tepatnya di Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan.

Alumni Sejarah dan Peradaban Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Muhamad Fa'iq Rusydi membenarkan penemuan ODCB tersebut. Saat ini sudah rampung dilakukan upaya penyelamatan dibantu warga sekitar.

"Benar ada penemuan benda yang diduga merupakan cagar budaya berjenis Lingga. Dari penelusuran dan penelitian yang kami lakukan ada dugaan yang berkaitan dengan jejak sejarah peradaban Hindu di Desa Sedayulawas, Kecamatan Brondong," kata Fa'iq saat, Senin (30/9).

Dia menjelaskan kronologi penemuan ODCB Lingga Sedayulawas berawal dari usahanya mengumpulkan data untuk merumuskan topik tugas akhir yang mengangkat tentang sejarah masa klasik di Kabupaten Lamongan.

"Sebenarnya Lingga ini saya temui pertama kali sejak Selasa, 13 April 2021 lalu. Karena kekhawatiran akan keamanan benda tersebut akhirnya kemarin dilakukan upaya penyelamatan," jelasnya.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui penemuan Lingga ternyata ada keterkaitan dengan jejak sejarah dan peradaban Hindu di salah satu Desa yang berada di pesisir utara Lamongan tersebut.

Apabila ditinjau dari catatan sejarah, Desa Sedayulawas merupakan kota pesisir yang dulunya merupakan cikal bakal Kadipaten Sedayu (dihapuskan pada masa Hindia-Belanda, wilayahnya dibagi menjadi sebagian Kabupaten Lamongan dan Gresik) dan Sedayu Kuto (Kecamatan Sedayu yang ada di Kabupaten Gresik sekarang).

Pada masa Kerajaan Majapahit, lanjut Fa'iq, sebagaimana disebutkan dalam uraian Kakawin Nagarakretagama pupuh 78 bait 2 no. 303, desa ini disebut dengan nama Siddhhajöng atau Sidahajeng.

Alumni Sejarah dan Peradaban Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung Muhammad Fa’iq Rusydi menemukan objek cagar budaya Lingga di Lamongan.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News