Orientasi Tahap Tiga, 3450 Maba UT Pelajari Cara Kuliah Jarak Jauh

Sabtu, 14 September 2024 – 15:47 WIB
Orientasi Tahap Tiga, 3450 Maba UT Pelajari Cara Kuliah Jarak Jauh - JPNN.com Jatim
Ribuan mahasiswa baru UT Surabaya saat mengikuti pembekalan cara kuliah jarak jauh di Hotel Santika, Gubeng, Sabtu (14/9). Foto: Source for JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Proses Orientasi Studi Mahasiswa Baru (OSMB) Universitas Terbuka (UT) Surabaya sudah memasuki tahap tiga, Sabtu (14/9). 

Sebagai kampus yang memberikan solusi perkuliahan jarak jauh, UT membekali para mahasiswa baru (maba) dengan tata cara mengikuti perkuliahan di UT.

Manager Marketing dan Registrasi UT Surabaya Dwianto Asmara mengatakan OSMB tahap tiga ini diikuti lebih dari tiga ribu maba yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Timur. Mayoritas maba mengikuti proses orientasi secara daring.

“Kegiatan itu dilakukan secara tatap muka dan daring. Jumlah peserta yang luring 450, yang daring 3.000,” ujar Dwianto di sela-sela acara orientasi di Surabaya.

Dwianto menyebut orientasi kepada para maba itu difokuskan mengenai pengenalan teknologi dan tata cara perkuliahan jarak jauh. Pasalnya, mayoritas maba UT berasal dari golongan pekerja yang memiliki tingkat kesibukan tinggi.

“Ospek kami hanya memberikan informasi pembelajaran. Tidak ada yang secara lapangan. Pengenalan terlebih dahulu terkait UT. Yang mendaftar ini mayoritas pekerja, 90 persen.,” ungkapnya.

Para mahasiswa UT memang mendapat kebebasan untuk tidak berkuliah di dalam ruang kuliah. Namun, Suparti berpesan agar perkuliahan tetap dapat diikuti dengan sebaik-baiknya.

“Selama ini mereka tahunya universitas terbuka itu terbuka bagaimana? Padahal maksudnya belajarnya bisa di mana saja, di rumah, di kantor. Jadi, tidak harus terfokus di sebuah ruangan,” tuturnya.

Mahasiswa baru UT Surabaya pelajari cara kuliah jarak jauh dalam proses orientasi studi maba.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News