Kasus Mpox Belum Terdeteksi di Lamongan, Pemkab Tetap Tingkatkan Kewaspadaan

Rabu, 04 September 2024 – 13:15 WIB
Kasus Mpox Belum Terdeteksi di Lamongan, Pemkab Tetap Tingkatkan Kewaspadaan - JPNN.com Jatim
Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Chaidir Annas di Lamongan, Jawa Timur, Selasa (3/9). (ANTARA/Ali Khakim)

jatim.jpnn.com, LAMONGAN - Plh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lamongan Chaidir Annas menyebut sampai saat ini masih belum ada laporan terkait kasus cacar monyet atau Monkey Pox (Mpox) di wilayah setempat.

“Sampai saat ini menurut data yang kami himpun dari seluruh layanan kesehatan di Kabupaten Lamongan belum ada laporan cacar monyet,” kata Annas, Selasa (3/9).

Walakin, Annas memastikan pihaknya tetap meningkatkan kewaspadaan, termasuk dengan menyelenggarakan sosialisasi kepada masyarakat dan stakeholder agar dapat mengantisipasi sejak dini.

Dia menjelaskan sosialisasi yang dilakukan, yaitu memberikan pemahaman kepada petugas kesehatan untuk tanggap dengan gejala-gejala kecil yang muncul dan mengarah ke kasus cacar monyet.

Annas mengimbau warga segera melapor dan memeriksakan diri ke fasilitas layanan kesehatan terdekat apabila mengalami gejala cacar monyet.

Virus Mpox ditularkan dari manusia ke manusia melalui droplet, lesi kulit, dan benda yang terkontaminasi. 

Virus tersebut juga dapat ditularkan dari hewan ke manusia melalui gigitan, daging olahan, kontak langsung, dan benda yang terkontaminasi.

Mpox ini meskipun disebut penyakit menular, tetapi risiko penularannya tidak mudah sehingga berbeda dengan cacar air yang penularannya sangat cepat.

Pemkab Lamongan nyatakan belum mendeteksi adanya kasus Mpox di wilayah setempat.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News