Teknologi AI Disebut Bisa Mainkan Peran Kelola Sentimen Publik di Bidang Kehumasan

Senin, 02 September 2024 – 21:55 WIB
Teknologi AI Disebut Bisa Mainkan Peran Kelola Sentimen Publik di Bidang Kehumasan - JPNN.com Jatim
Ekonomi Forum 2024 for Public Relations dan Awarding Ceremony 6th Indonesia Top Digital PR 2024 Special Achievement for BUMN, Subsidiary BUMN & BUMD melalui zoom, Senin (2/9). Foto: source JPNN

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Perkembangan teknologi Artificial Intelligence (AI) saat ini memainkan peran vital dalam mengelola krisis dan memahami sentimen publik karena memiliki kecepatan dan akurasi respons, termasuk dalam bidang kehumasan.

Hal itu diungkapkan CEO InfoEkonomiID Arief Munajad dalam Ekonomi Forum 2024 for Public Relations dan Awarding Ceremony 6th Indonesia Top Digital PR 2024 Special Achievement for BUMN, Subsidiary BUMN, & BUMD melalui zoom, Senin (2/9).

"AI juga memungkinkan kita untuk mensimulasikan berbagai skenario krisis, sehingga kita dapat lebih siap menghadapi situasi nyata sehingga ketika krisis benar-benar terjadi kita sudah memiliki strategi yang matang dan respons yang cepat," ujar Arief.

Penghargaan ini sebagai bentuk agar PR BUMN, BUMD & Subsidiary BUMN makin terpacu untuk mengoptimalkan penggunaan media digital dalam membangun reputasi perusahaan.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perusahaan Public Relations Indonesia (APPRI) mengatakan teknologi AI juga bisa dimanfaatkan pada sektor bidang kehumasan untuk membantu menangani krisis dan sentimen publik yang dimungkinkan sewaktu-waktu muncul dan mengganggu reputasi perusahaan.

Sementara itu, CEO TRAS N CO Indonesia Tri Raharjo menjelaskan parameter penilaian ini telah dilakukan riset sejak Mei-Juli 2024.

“Metode penilaian menggunakan pendekatan desk research berdasarkan tiga parameter penilaian digital, yaitu digital media aspect, digital awareness aspect dan digital sentiment aspect,” kata dia.

Adapun 12 perusahaan merah menerima penghargaan 6th Indonesia Top Digital PR Award 2024 Special Achievement for BUMN, Subsidiary BUMN, dan BUMD.

Teknologi AI disebut bisa mainkan Peran untuk mengelola sentimen publik pada bidang kehumasan.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News

TERPOPULER

PERIODE:   6 JAM 12 JAM 1 HARI 1 MINGGU

Maaf, saat ini data tidak tersedia