Selesaikan Konflik PKB-PBNU, Gus Yahya Bakal Panggil Cak Imin

Selasa, 13 Agustus 2024 – 19:31 WIB
Selesaikan Konflik PKB-PBNU, Gus Yahya Bakal Panggil Cak Imin - JPNN.com Jatim
Ketua Umum PBNU K.H. Yahya Cholil Staquf di Surabaya, Selasa (13/8). (ANTARA/Willi Irawan)

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf bakal segera mengundang Ketum PKB Muhaimin Iskandar untuk membenahi partai itu.

Hal itu dilakukan setelah dirinya mendapatkan mandat dari Rais Aam PBNU KH Miftachul Akhyar.

"Ya, nanti kalau perlu kami undang Pak Muhaimin Iskandar," kata Gus Yahya di Pondok Pesantren Miftachussunnah, Surabaya, Selasa (13/8).

Gus Yahya menjelaskan PBNU mengundang Muhaimin Iskandar untuk berbicara dengan KH Anwar Iskandar dan KH Amin Said Husni (tim panitia khusus bentukan PBNU) mengenai mandat Rais Aam PBNU untuk memperbaiki PKB.

"Segera, ini berkeputusan. Ini sebetulnya kemarin ada jeda sedikit karena kiai-kiai mengundang untuk pertemuan di Jombang," ujarnya.

Gus Yahya menyebut NU bukannya mau mencampuri keputusan politik atau operasi politik atau apa pun yang dilakukan PKB karena NU tidak lagi campur tangan dalam politik praktis.

Akan tetapi, NU ingin mengupayakan agar ada perbaikan-perbaikan di dalam PKB sehingga kembali pada desain awal sebagaimana dulu yang dijanjikan ormas tersebut.

"Ya, sekarang Dewan Syuro enggak ada kewenangan sama sekali. Nah, ini sudah berbeda dari desain awal ketika NU mendirikan," ucapnya.

Ketum PBNU KH Yahya Cholil Staquf bakal mengundang Ketum PKB Muhaimin Iskandar untuk membenahi partai tersebut.
Sumber Antara
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News