Program Makan Gratis di Surabaya Bakal Gandeng UMKM untuk Tingkatkan Perekonomian

Kamis, 01 Agustus 2024 – 21:30 WIB
Program Makan Gratis di Surabaya Bakal Gandeng UMKM untuk Tingkatkan Perekonomian - JPNN.com Jatim
Khofifah Indar Parawansa mendampingi Wakil Presiden Terpilih Gibran Rakabuming Raka saat melakukan uji coba makan gratis di SDN Klampis Ngasem 3 Surabaya. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Gubernur Jawa Timur periode 2024-2029 Khofifah Indar Parawansa menyebutkan program makan gratis besutan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo-Gibran bakal dijalankan dengan menggandeng Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM).

Hal itu diungkapkan Khofifah saat itu melakukan uji coba makan gratis mendampingi Gibran di SDN Klampis Ngasem 3 di Surabaya, Kamis (1/8).

Dengan menggandeng UMKM diharapkan bisa meningkatkan pendapatan sehingga ekonomi merek bergerak.

“Kami tadi melihat tempat UMKM bagaimana proses memasaknya nanti insyallah sesuai dengan perencanaan yang sudah dipresentasikan kepada kami, saya dan Mas Emil kemarin bahwa ini akan dikembangkan melalui UKM-UKM,” kata Khofifah.

Dia memerinci, jika satu UMKM mendapatkan pesanan 100 kuota boks makan setiap hari maka akan ada pertumbuhan ekonomi di lingkungan tersebut, termasuk kemungkinan untuk mengurangi pengangguran.

“Misalnya, tiap hari akan ada pertumbuhan ekonomi di lingkungan UKM mereka bisa merekrut tenaga kerja, bisa 2-3 orang. Jadi, berapa banyak tenaga kerja yang akan terekrut,” jelasnya.

Kemudian, untuk jasa layanan antar akan difasilitasi oleh ojek online sehingga bisa menjadi sumber pendapatan bagi merek.

“Jadi, multiplier effect ekonomi yang akan tumbuh dari proses makanan bergizi gratis bagi anak-anak sekolah ini luar biasa,” tuturnya.

Khofifah nilai program makan gratis menjadi awal untuk meningkatkan IPM guna menyongsong Indonesia emas 20245
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News