Wali Kota Eri: Program Makan Gratis Bisa Atasi Gizi Buruk & Stunting

Kamis, 01 Agustus 2024 – 19:47 WIB
Wali Kota Eri: Program Makan Gratis Bisa Atasi Gizi Buruk & Stunting - JPNN.com Jatim
Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi (kedua dari kanan) saat mendampingi Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka saat uji coba makan gratis di SDN Klampis Ngasem 3. Foto: Ardini Pramitha/JPNN.com

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Program pemberian makan gratis bagi siswa-siswi, balita, hingga ibu hamil besutan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka bisa mengatasi permasalahan gizi buruk dan tangker atau stunting pada anak-anak.

Hal itu diungkapkan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi saat mendampingi Gibran Rakabuming Raka saat uji coba makan gratis di SDN Klampis Ngasem 3, Kamis (1/8).

Menurutnya, satu kotak makan dengan menu nasi, sayur, wortel dengan ayam saus manis, tumis sayur, buah melon, dan satu susu kemasan sudah sesuai.

“Menu-menu yang di situ (kotak makanan gratis) ada kandungan gizinya dan sekaligus ini akan mengurangi penyakit gizi buruk dan stunting," kata Eri.

Terkait evaluasi menu dan lauk-pauk yang disediakan pada uji coba makan gratis hari ini, Eri mengatakan pihaknya telah menyebar angket atau kuesioner kepada para orang tua dan wali murid di SDN Klampis Ngasem III.

Hal itu dilakukan agar pihaknya memiliki data mengenai makanan yang digemari murid-murid, tentunya makanan yang sehat dan bergizi tinggi.

"Kami memberikan kuesioner kepada orang tua puas atau tidak dengan makanannya, apa yang dimiliki itu akhirnya kita punya datanya, termasuk anak-anaknya kesukaannya sehingga nanti itu menjadi perhitungan pada waktu akan memasak," katanya.

Dia menyebutkan untuk uji coba makan gratis kali ini melibatkan lima UMKM yang berperan sebagai penyedia makanan.

Wali Kota Eri sebut pemberian makan gratis bisa kurangi stunting dan gizi buruk
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News