UM Surabaya Terjunkan 1.024 Mahasiswa untuk KKN di Enam Lokasi Hingga ke Malaysia

Kamis, 25 Juli 2024 – 12:07 WIB
UM Surabaya Terjunkan 1.024 Mahasiswa untuk KKN di Enam Lokasi Hingga ke Malaysia - JPNN.com Jatim
Kepala LPPM UM Surabaya Dede Nasrullah saat membuka KKN di kampus setempat, Rabu (24/7). Foto: Humas UM Surabaya.

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Muhammadiyah Surabaya (UM Surabaya) menerjunkan 1.024 mahasiswanya alam program Kuliah Kerja Nyata (KKN) 2024 di enam lokasi.

Kepala LPPM UM Surabaya Dede Nasrullah mengatakan enam lokasi tersebut, yaitu di Surakarta, Surabaya, Tuban, Mojokerto, Gresik, dan Malaysia.

"Setidaknya ada enam kegiatan yang akan diimplementasikan di empat titik, seperti Gresik, Surabaya, Mojokerto, dan Tuban. Pertama, Smart Village Development, yakni implementasi teknologi digital untuk meningkatkan efisiensi pemerintahan desa," kata Dede, Rabu (24/7).

Kedua, Sustainability and Green Economy Program daur ulang dan pengelolaan sampah berbasis komunitas. Ketiga, yaitu Digital Literacy and Inclusion, yakni pengembangan e-commerce untuk produk lokal desa.

Keempat, Climate Change Mitigation, yaitu pengembangan sistem pertanian berkelanjutan untuk adaptasi iklim. Kelima, Cultural Heritage and Tourism, yaitu promosi pariwisata melalui platform digital dan media sosial, dan terakhir Education and Skill Development, yakni pengembangan perpustakaan digital dan sumber belajar daring.

Dede menjelaskan isu lingkungan menjadi tema yang menarik di tengah kerusakan lingkungan. Setidaknya ada 17 inovasi teknologi tepat guna diterjunkan ke beberapa titik tersebut.

"Harapannya inovasi tepat guna yang dibuat mahasiswa KKN UM Surabaya bisa bermanfaat untuk masyarakat dan memiliki dampak yang besar dalam mengatasi permasalahan yang ada di wilayah tersebut," tuturnya.

Tahun ini, kata dia, ada beberapa jenis KKN yang bisa dipilih mahasiswa UM Surabaya, yaitu KKN Muhammadiyah Aisyiah Indonesia yang akan dilakukan di Surakarta, KKN Berdaya digelar di empat lokasi (Tuban, Mojokerto, Tuban dan Surabaya).

KKN UM Surabaya menerjunkan ribuan mahasiswa di enam lokasi, paling jauh di Malaysia.
Facebook JPNN.com Jatim Twitter JPNN.com Jatim Pinterest JPNN.com Jatim Linkedin JPNN.com Jatim Flipboard JPNN.com Jatim Line JPNN.com Jatim JPNN.com Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com Jatim di Google News